TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Peringatan Upacara Pagerwesi Dan Siwaratri Lanud Ngurah Rai

By 30 Jan 2017 08:02Berita
1280px-AURI_Oscar

Komandan Pangkalan TNI AU Ngurah Rai, Kolonel Pnb Wayan Superman beserta seluruh warga umat Hindu Lanud Ngurah Rai melaksanakan serangkaian peringatan upacara agama yang diantaranya upacara Pagerwesi dan Upacara Siwaratri di Pura Majapahit Komplek Lanud Ngurah Rai serta Pura Ksatria Darma Mako Lanud Ngurah Rai. Secara khidmat upacara tersebut dipimpin secara langsung oleh Paroh Hindu Lanud Ngurah Rai, PNS Drs. Ketut Berata.

Upacara Pagerwesi jatuh pada Rabu Kliwon wuku sinta, hari Pagerwesi dilaksanakan untuk memuliakan Ida Sang Hyang Widhi Wasa Tuhan Yang Maha Esa dalam manifestasi Beliau sebagai Betara Hyang Pramesti Guru yang berstana di rong tiga atau sanggah Kemulan. Dalam pelaksanaan hari raya Pagerwesi, umat Hindu menghaturkan sesajen atau melaksanakan sembahyang di sanggah/merajan masing-masing supaya mendapat limpahan anugerah dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Adapun Pagerwesi berasal dari kata pager dan wesi, pager yang berarti pagar dan wesi yang berarti besi, jadi pagerwesi memiliki makna yaitu keteguhan iman dan ilmu pengetahuan yang dimiliki umat manusia supaya tidak mengalami awidya atau kegelapan. Pagerwesi melambangkan bahwa segala hal yang dipagari akan terlihat lebih kuat dan kokoh serta akan sulit di ganggu dan dirusak, seperti itu pulalah jika manusia yang memiliki keteguhan dan kekuatan keimanan dan ilmu pengetahuan, maka akan senanatiasa terlindungi serta terhindar dari segala macam halangan dan rintangan.

Semetara untuk upacara Siwaratri jatuh pada hari catur Dasi krsna paksa bulan magha yaitu panglong 14 sasih kapitu, tepatnya sehari sebelum Tilem kapitu. Pada malam siwa kegiatan yang harus dilaksanakan adalah mejapa dan semedi/meditasi yang mengarah pada penyucian diri lahir dan bhatin. Siwaratri merupakan malam Siwa, Siwa yang berarti dewa Siwa dan Ratri yang berarti malam atau kegelapan jadi Siwaratri adalah malam Siwa atau malam untuk melebur kegelapan dalam diri manusia. Adapun Pada pelaksanaannya Siwaratri ada beberapa brata yang harus dilaksanakan yaitu upawasa, jagra brata (tidak tidur) dan mono brata (tidak berbicara).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Peringatan Upacara Pagerwesi Dan Siwaratri Lanud Ngurah Rai