TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Peringati Hari Bhakti TNI AU Ke 71, Lanud Surabaya Selenggarakan Donor Darah

By 05 Jul 2018Berita
DSC_4346

TNI AU.    Dalam menyambut peringatan Hari Bhakti TNI AU ke 71 Tahun 2018, Lanud Surabaya berkerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya menggelar bhakti sosial kesehatan berupa donor darah yang diikuti oleh seluruh personel TNI AU dan juga keluarga di lingkungan Lanud Surabaya dan Pusdiklathanudnas. Kegiatan ini mengambil tempat di gedung Hercules Lanud Surabaya, Rabu (4/7).

Menurut Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Lanud Surabaya Mayor Kes dr Endah Wiranty, SP.KP selaku Ketua Panitia pelaksana Bhakti Sosial Donor Darah mengatakan, bahwa salah satu manfaat donor darah yaitu dapat merangsang terjadinya proses peremajaan sel-sel darah. Setelah mendonorkan darah hal ini justru baik, karena akan merangsang produksi sel-sel darah baru dan pada gilirannya membantu dalam menjaga kesehatan. Artinya darah anda akan segera tergantikan oleh darah baru yang tentunya lebih baik dan sehat.

Selain itu, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian sosial dan rasa solidaritas segenap anggota TNI AU Lanud Surabaya dalam membantu masyarakat.  Di setiap tetes darah yang pendonor berikan merupakan amalan yang sangat mulia. Darah pendonor merupakan bantuan kemanusiaan yang tiada tara harga dan faedahnya bagi seseorang yang memerlukan darah dalam berjuang mempertahankan nyawa.

Untuk pelaksanaanya sendiri, sebelum diambil darahnya para pendonor terlebih dahulu diwajibkan melaksanakan pengecekan kesehatan yang meliputi pemeriksaan tensi darah, HB dan Berat badan apakah memenuhi persyaratan atau tidak, apabila peserta dinyatakan memenuhi persyaratan baru diperbolehkan diambil darahnya, tambah dr Endah.

Donor darah ini diikuti oleh 36 pendonor dari Lanud Surabaya, 45 Orang dari Pusdiklathanudnas, PIA Ardhya Garini 8, Gugus Angkutan 12, IKKT 8, dan 26 orang pendonor dari Wanita Angkatan Udara, sehingga berhasil mengumpulkan sebanyak 135 kantong darah. Seluruh pendonor diambil darahnya sebanyak 1 kantong atau sekitar 250 ml dengan berbagai jenis golongan darah.

Selain donor darah, untuk peringatan Hari Bhakti kali ini juga akan dilaksanakan pengobatan massal yang dilakukan secara gratis, bedah rumah bagi keluarga yang membutuhkan, pembersihan massal, dan juga kegiatan sosial lainnya. Untuk acara puncaknya sendiri akan dilaksanakan upacara peringatan pada tanggal 29 Juli 2018 mendatang.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Peringati Hari Bhakti TNI AU Ke 71, Lanud Surabaya Selenggarakan Donor Darah