Berita

Peringati Hari Kesakitan Pancasila, Lanud RSN Gelar Upacara

Peringati Hari Kesakitan Pancasila, Lanud Rsn Gelar Upacara
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2019 di Apron Baseops Lanud Roesmin Nurjadin, Selasa (1/10/2019).

Upacara Kali ini dimulai penghormatan kepada Irup, laporan Danup Mayor Lek Candra, mengheningkan cipta, tanda kebesaran buka, pembacaan teks Pancasila, tanda kebesaran tutup, pembacaan UUD 1945 oleh Serda Renaldi, pembacaan Naskah Ikrar oleh Letda Pom Nurman Siddik, pembacaan do’a Andhika Bhayangkara, dan laporan Danup serta penghormatan kepada Irup.

Setelah pelaksanaan upacara, Danlanud Rsn Marsma TNI Ronny Moningka menyampaikan, sebagai bangsa yang baik adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, menghargainya diimplementasikan melalui peringatan hari Kesaktian Pancasila, dan Pancasila tidak bisa lepas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena Pancasila adalah pedoman hidup bangsa Indonesia.

“Nilai-nilai kejuangan yang tertanam bagi pahlawan Kusuma Bangsa, hendaknya melekat pula dalam jiwa kita agar kita rela berkorban karena rela berkorban merupakan cermin karakter bangsa,” ujar Ronny.

Demikian juga apa yang dijelaskan oleh Kepala Dinas Personel (Kadispers) Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Dedy Supriyanto, S.E., bahwa upacara tersebut berlangsung lancar dan penuh khidmat, dengan mengusung tema: “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia.”

“Sebelum upacara resmi berlangsung, pada tanggal 30 September kemarin bendera berkibar setengah tiang. Hal ini dilakukan untuk mengenang gugurnya tujuh pahlawan revolusi. Sedangkan pada tanggal 1 Oktober 2019 mulai pukul 06.00 WIB, bendera dikibarkan satu tiang penuh,” kata Dedy.

Hadir pula Kadisops Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., Kadislog Kolonel Pnb Dwi Wihananto, S.E., Danskatek Letkol Tek Triyanto Sandi, Dansatpom Letkol Pom I Nyoman Swardita, dan pejabat lainya dijajaran Lanud Rsn serta para peserta upacara dari Lanud Rsn dan Insub Yonko 462 Paskhas.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel