Berita

Peringati HUT, RRI Ziarah ke Ngoto

Dibaca: 4 Oleh 07 Sep 2012Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Keluarga Besar Radio Republik Indonesia Yogyakarta ziarah ke makam Abdulrahman Saleh di Monumen Perjuangan TNI Angkatan Udara Ngoto yogyakarta, Jumat (7/9).   Ziarah dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke-67 RRI ini dipimpin oleh Kepala LPP RRI Yogyakarta Drs. Sutrisno Santoso. Acara ziarah diisi dengan doa bersama, tabur bunga serta pembacaan riwayat dan perjuangannya Abdurchman Saleh.

Usai memimpin ziarah, Drs. Sutrisno Santoso mengatakan, nama Abdulrachman Saleh tidak hanya lekat dengan TNI Angkatan Udara. Nama Pahlawan Nasional dari TNI Angkatan Udara yang dikenal dengan sebutan Pak Karbol itu, juga menyatu dengan sejarah Radio Republik Indonesia.

Menurutnya, selain untuk mendoakan, ziarah juga dimaksudkan untuk mentransfer semangat pengabdian dan perjuangan Pak Karbol untuk diterapkan dalam kedinasan.

Sejarah mencatat, pada awal kemerdekaan Pak Karbol turut ambil bagian dalam mempertahankan kemerdekaan. Mulanya ketika itu Pak Karbol bertemu dengan Jusuf Ronodipuro yang menceritakan bahwa Hosokkyiku atau pusat siaran radio pendudukan Jepang, ditutup. Tanpa membuang waktu, Pak Karbol menyiapkan sebuah pemancar yang dinamakan Siaran Radio Indonesia Merdeka. Melalui pemancar tersebut, berita-berita mengenai Indonesia terutama tentang proklamasi Indonesia dapat disiarkan hingga ke luar negeri.

“Pak Karbol berperan dalam mendirikan Radio Republik Indonesia pada 11 September 1945. Pak Karbol jugalah yang mengenalkan semboyan RRI yang terkenal hingga kini yaitu sekali di udara tetap di udara,” tuturnya.

Baca juga:  Danlanud ATS Buka Penataran Hukum Ham dan Hukum Humaniter Internasional

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel