Berita

Peringati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 H/2021 M Lanud Sjamsudin Noor Gelar Doa Bersama

Dibaca: 273 Oleh 25 Feb 2021Tidak ada komentar
Peringati Haul Ke-16 Abah Guru Sekumpul dan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 H/2021 M Lanud Sjamsudin Noor Gelar Doa Bersama
#TNIAU 

TNI AU. Dalam rangka mengingat kembali momen di bulan Rajab tentang wafatnya ulama besar dan guru kharismatik asal Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Al Mukarram Aliimul ‘allamah Al‘arif billah as-syaikhana K.H. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau akrab disapa Abah Guru Sekumpul, yang juga berbarengan dengan momen peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 H/2021 M, Lanud Sjamsudin Noor menggelar kegiatan Doa Bersama di Masjid Nurul Iman Lanud Sjamsudin Noor, Rabu (24/02/2021).

Kegiatan doa bersama yang dilaksanakan di Lanud Sjamsudin Noor ini tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat  seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, guna menghindari penularan Covid-19.

Kegiatan yang diikuti oleh Ketua PIA AG Cab.11/D.II Lanud Sjamsudin Noor, Ny. Rosa Taufiq Arasj dan seluruh personel Lanud Sjamsudin Noor serta para pengurus PIA AG Cab.11/D.II Lanud Sjamsudin Noor ini diawali dengan penampilan Maulid Habsyi Sirathol Majlis Alumni Pondok Pesantren Al-Falah Putera Landasan Ulin Barat, Kec. Liang Anggang, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, dan dilanjutkan dengan sambutan Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj, S.Sos.

Dalam sambutannya, Komandan Lanud Sjamsudin Noor mengatakan melalui kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan suatu kehormatan bagi seluruh warga untuk dapat saling bersilaturrahmi, dimana dalam kegiatan haulan ini akan dapat memperkuat ukhuah islamiyah diantara sesama umat muslim dengan harapan agar tumbuh rasa kecintaan terhadap para pendahulu, utamanya para ulama dan wali Allah SWT khususnya ulama yang diperingati pada saat ini, serta dapat terus terpelihara untuk meningkatkan kehidupan beragama sebagai ciri dari masyarakat Kalimantan Selatan yang mempertahankan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari sebagai salah satu tujuan pembangunan di provinsi Kalimantan Selatan di masa yang akan datang.

Ditambahkan beliau, bahwa tujuan dilaksanakan peringatan haul ke-16 Abah Guru Sekumpul dan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW ini tidak lain untuk mendoakan keberkahan, keselamatan atas bencana alam yang sedang melanda di Indonesia serta memetik suri tauladan dan mengenang jasa dan hasil perjuangan Rasulullah SAW, para wali-wali Allah SWT, syekh atau para alim ulama dalam perkembangan Islam di dunia. “Jadi, mari kita jadikan peringatan Haul ke-16 Abah Guru Sekumpul dan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW ini sebagai sarana untuk meningkatkan amal ibadah serta memantapkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai keislaman pada diri kita masing-masing”. tutup Danlanud SAM.

Acara diisi dengan ceramah/tausiyah agama, pembacaan tahlil dan doa bersama. Dalam ceramah yang dibawakan KH. Muhammad Fadlan atau guru fadlan menjelaskan sekilas perjalanan Abah Guru Sekumpul yang menjadi suri tauladan bagi para umat untuk dapat di amalkan dalam kehidupan sehari-hari dan berwasiat tentang keutamaan menghadiri majlis ilmu dan berzikir saat berkumpul di sebuah majlis. Selain itu juga dijelaskan kemuliaan bulan Rajab serta membiasakan diri untuk bertahajud dan berpuasa. KH. Muhammad Fadlan juga menekankan pentingnya peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, yang mengingatkan kepada kita bahwa Isra Mi’raj hakekatnya menuntut kita untuk selalu bertanggung jawab dan disiplin dalam menjalankan ibadah, khususnya shalat lima waktu yang sudah ditentukan waktunya dan tidak boleh dilanggar. Prajurit TNI wajib untuk selalu disiplin dalam ibadah dan dalam melaksanakan tugas yang hakekatnya juga merupakan ibadah. Disisi lain sebagai prajurit TNI peringatan Isra Mi’raj ini bisa meningkatkan disiplin dan moralitas untuk mendukung pelaksanaan tugas.

Seluruh warga Lanud Sjamsudin Noor yang hadir nampak sangat antusias mendengar ceramah, ini menandai bahwa semakin tingginya tingkat kesadaran warga dalam beribadah, dan diharapkan melalui peringatan ini dapat lebih membawa kita untuk kembali ingat akan tugas dan tanggung jawab sebagai prajurit TNI untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Baca juga:  Pangkoopsau I dan Ketua Yasarini Pengurus Perwakilan Koopsau I Beri Arahan Danlanud dan Ketua Yasarini Jajaran

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel