Berita

Perkemahan Bakti Saka Dirgantara Nasional I tahun 2016 di Lanud Sdm

Dibaca: 215 Oleh 10 Nov 2016Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Kasau Marsda TNI Agus Munandar mewakili Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna secara resmi membuka kegiatan Perkemahan Bakti (Perti) Saka Dirgantara Nasional I tahun 2016 di Lapangan Dirgantara Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang, Jawa Barat. Rabu (9/11).  Perti Saka Dirgantara ini diikuti oleh 13 Kwartir daerah dengan jumlah 644 terdiri dari 564 orang peserta, 11 orang pimpinan kontingen daerah dan 69 orang Pembina pendamping.

Kegiatan ini merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega anggota satuan karya Pramuka dirgantara dari seluruh Indonesia dengan melakukan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat seperti : pengobatan umum, donor darah, penanaman pohon dan pembagian sembako bagi masyarakat wilayah Kalijati.

Kegiatan Kesakaan yang dilaksanakan adalah berbentuk workshop dan praktek mengenai materi : Pemadam kebakaran, Pengaturan lalulintas udara, Meteorologi, Aeromodelling, Aerodinamika, Terbang layang, Trike, Paramotor, Search and Rescue dan Survival, Acara Jumpa tokoh dan kunjungan ke tempat bersejarah yang berada di Lanud Suryadarma.

Dalam amanat Kasau yang disampaikan oleh Aspotdirga mengatakan bahwa “Kegiatan perkemahan bakti saka dirgantara nasional ini dilaksanakan sesuai dengan karakteristik saka dirgantara yang padat akan nuansa teknologi kedirgantaraan, untuk mempersiapkan generasi muda yang tangguh serta mempunyai ilmu pengetahuan bidang dirgantara, membangun jiwa patriotisme, mengobarkan rasa nasionalisme dan menumbuhkan semangat bela negara, sehingga kelak diharapkan menjadi generasi muda bangsa yang mandiri, bertanggung jawab dan menjadi manusia Indonesia seutuhnya”.

Baca juga:  UPACARA BENDERA 17-AN DILANUD RANAI

“Gerakan pramuka merupakan wadah pendidikan luar sekolah dan diluar keluarga yang diselenggarakan di alam terbuka dengan berbagai bentuk kegiatan yang menarik, menantang dan menyenangkan, dengan tujuan untuk membentuk watak dan karakter yang berbudi luhur, cerdas dan berakhlak mulia. Oleh karena itu, kegiatan Perkemahan Bhakti Saka Dirgantara Nasional saya pandang perlu, untuk memberikan bekal pengetahuan dan skill kepada peserta baik yang berada di Lanud-lanud maupun masyarakat sekitar sehingga setiap anggota Pramuka Saka Dirgantara akan selalu eksis dan dapat meningkatkan kemampuan kapasitas dirinya”.

Sebelum upacara pembukaan, peserta Perti Saka Dirgantara menamplkan Pakaian Adat putra-putri dari wilayah Nusasntara mulai dari Aceh sampai Papua. Siswa-siswi Sekolah Menengah Angkasa Lanud Suryadarma tidak mau ketinggalan menampilkan atraksi senam tarian tongkat dan Semapur. Upacara berjalan khidmat dan lancar. Setelah upacara selesai ditampilkan Tradisi Sisingaan yang menggambarkan perlawanan rakyat Subang menentang kolonialisme dalam bentuk karya seni.

Hadir pada acara tersebut Sekjen Kwartir Nasional gerakan Pramuka, Pimpinan satuan karya Pramuka dirgantara tingkat nasional, Wakil Aspotdirga Kasau, Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI Suparmono, Komandan Wingdiktekkal Kolonel Tek I Made Radar, para pimpinan satuan karya pramuka tingakat nasional, ketua Kwartir daerah gerakan Pramuka Jawa Barat, ketua Kwartir cabang gerakan Pramuka Subang, Ketua Kwartir cabang seluruh Jawa Barat, Muspida pemerintah kabupaten Subang dan para pejabat dari Mabesau.

Baca juga:  Calon Guru Program SM3T Dibekali Ilmu Kepemimpinan

 

 

 

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel