Berita

PERKEMAHAN BAKTI SAKA DIRGANTARA TAHUN 2011 DI LANUD MERAUKE

Dibaca: 13 Oleh 14 Nov 2011Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Sesuai Program Kerja Dewan Saka Dirgantara Lanud Merauke Masa Bhakti 2010-2011 Tentang Kegiatan Penerimaan Tamu Saka (PTS) dan Musyawarah Saka (Musaka). Bertempat dilapangan olah raga Legimin Lanud Merauke Jum’at (11/11) pukul 08.00 WIT dilaksanakan Upacara Pembukaan Penerimaan Tamu Saka Dirgantara XII dan Musyawarah Saka Dirgantara III dalam rangka Perkemahan Bakti Saka Dirgantara Tahun 2011.

Bertindak selaku inspektur upacara dalam kegiatan dimaksud Komandan Lanud Merauke Letkol Pnb Yostariza dalam sambutannya menyampaikan bahwa Satuan Karya Pramuka (Saka) Dirgantara adalah wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kedirgantaraan guna menumbuhkan kesadaran untuk membaktikan dirinya dalam pembangunan nasiaonal. tujuan dibentuknya saka dirgantara adalah untuk memberikan suatu wadah kegiatan dan latihan di bidang kedirgantaraan bagi anggota gerakan pramuka melalui kegiatan nyata dan praktis di bidang kedirgantaraan yang berguna, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk masyarakat, bangsa dan negara.

Kegiatan kesakaan dilaksanakan di gugus depan dan satuan karya pramuka disesuaikan dengan usia dan kemampuan jasmani dan rohani peserta didik. Kegiatan pendidikan tersebut dilaksanakan sedapat-dapatnya dengan praktekberupa kegiatan nyata yang memberi kesempatan peserta didik untuk menerapkan sendiri pengetahuan dan kecakapannya dengan menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan keperluannya. Yang dapat menjadi anggota saka dirgantara adalah : pramuka penggalang, usia 14 tahun ke atas, yang sudah mencapai tingkat penggalang terap pemuda berusia 16-25 tahun, dengan syarat khusus Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, Saka Dirgantara Meliputi Tiga Krida, yaitu : Krida Olah Raga Dirgantara, Krida Pengetahuan Dirgantara, Krida Jasa Kedirgantaraan.

Baca juga:  IBU PIA LANUD SUPADIO PERINGATI HUT DHARMA PERTIWI

Hasil yang di harapkan setelah mengikuti kegiatan Saka Dirgantara adalah : memiliki kecakapan dan keterampilan serta sikap dan usaha tertentu di bidan kedirgantaraan. Memiliki rasa bangga memperoleh tkk yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat. Memperoleh kecakapan khusus yang di akui oleh instansi pemerintah maupun swasta serta masyarakat sehingga bermanfaat secara nyata untuk dapat memperoleh pekerjaan. Mampu menimbulkan rasa cinta dirgantara di kalangan Pramuka, Pemuda dan Masyarakat.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel