TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Perkemahan Pengambilan Badge Saka Dirgantara Lanud Sam Ratulangi 2018

IMG-20180806-WA0046

TNI AU.   Dalam rangka menumbuhkan minat Dirgantara di kalangan generasi muda Sulawesi Utara, Lanud Sam Ratulangi Manado, mengadakan Perkemahan Pengambilan Badge Saka Dirgantara Sulawesi Utara tahun 2018 di Bumi Pekemahan Saka Dirgantara Manado, (5/8).

Perkemahan yang dilaksanakan merupakan kelanjutan dari giat perkemahan yang telah diadakan beberapa waktu yang lalu dengan materi dasar berupa pengenalan tentang Saka Dirgantara. Perkemahan kali ini merupakan perkemahan pengambilan badge dengan uji fisik dan mental juang serta pengetahuan kedirgantaraannya bagi seluruh peserta.

Peserta pengambilan badge kali ini berjumlah 89 orang yang berasal dari 7 sekolah yang ada di Manado dan Minahasa, diantaranya berasal dari SMA 3 Tondano, SMA 1 Langowan, SMK 1 Langowan, SMA 1 Kawangkoan, SMA 14 Februari Tateli, SMK 1 Airmadidi, MAN Model Manado dan SMA Muhammadiyah Ratatotok.

Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Insan Nanjaya SH. M.Avn. Mgt. sebagai inisiator acara pengambilan badge ini mengatakan dalam sambutan yang dibacakan oleh Kadisops Lanud Sam Ratulangi bahwa pembinaan minat dirgantara untuk generasi muda dapat di capai salah satunya dengan mengikuti Perkemahan Saka Dirgantara. Pengambilan Badge Saka Dirgantara merupakan sarana menanamkan mental juang Dirgantara selain pembekalan pengetahuan tentang kedirgantaran, pembinaan bela Negara serta pembinaan fisik dan mental juang bagi anggota Saka Dirgantara.

Materi – materi yang di berikan antara lain adalah Peraturan Baris Berbaris, (PBB), Empat Pilar Kebangsaan, Olaraga Dirgantara (Paralayang dan Demo Aeromodeling), pengetahuan pesawat terbang, pengenalan senjata, bongkar pasang tenda, serta acara tradisi pengambilan badge yang dikemas dalam bentuk latihan berganda semi militer dan diawali dengan acara pendadakan.

Perkemahan yang dilaksanakan selama 3 hari mulai hari Jumat tanggal 3 Agustus 2018 dan diakhiri pada hari Minggu tanggal 5 Agustus 2018, di buka dan di tutup oleh Kepala Dinas Operasi Lanud Sam Ratulangi sebagai wakil Komandan Lanud Sam Ratulangi. Acara Penutupan yang dilaksanakan pada hari Minggu di tandai dengan Upacara pemasangan Badge Saka Dirgantara dan Penyerahan Ijazah.

20180806_133126

AGT_8098

IMG-20180806-WA0047

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Perkemahan Pengambilan Badge Saka Dirgantara Lanud Sam Ratulangi 2018