Berita

Perkembangan Lingkungan Strategis Spesifik

Dibaca: 35 Oleh 17 Feb 2012Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Persoalan ekonomi, politik, dan penegakan hukum yang menyentuh aspek keamanan di berbagai negara merupakan perkembangan lingkungan strategis secara spesifik. Pola interaksi antar negara di Asia Tenggara, telah mengedepankan kepentingan nasional masing – masing yang akhirnya menghadirkan berbagai bentuk percaturan global ataupun regional yang bervariasi.

“Berbagai macam persoalan yang bersumber pada penegakan hukum, masalah keamanan nasional, dan masalah transportasi masih dihadapi Negara Indonesia di tengah kondisi perekonomian yang semakin membaik”, tegas Panglima TNI.

Penegasan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E tersebut dibacakan Irjenau Marsda TNI Irawan Supomo pada Upacara bendera 17-an di Mabesau Cilangkap, Jum’at (17/2). Diikuti para pati, pamen, pama, bintara, tamtama, serta PNS di lingkungan Mabesau.

Dikatakan, kendala dan hambatan dalam penegakan hukum dapat dilihat pada beberapa kasus antara lain, masalah Mesuji di Lampung, demo buruh di Jawa Barat, dan pembakaran kantor kepala daerah di NTB. Masalah transportasi juga mendominasi dengan banyaknya kecelakaan lalu lintas hingga menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

Baca juga:  Apel Khusus Kendaraan Di Kosekhanudnas II

Menurutnya, permasalahan tersebut dapat mengakibatkan turunnya kepercayaan masyarakat kepada aparat penegak hukum maupun pemerintah, bahkan dapat menjadi kerawanan potensial. Rasa ketidakadilan dan ketidakpercayaan dapat memprovokasi masyarakat menjadi anarkis dan mampu memicu konflik sosial baik secara horizontal, komunal maupun vertikal.

Panglima TNI mengharapkan agar seluruh anggota TNI dan PNS bersikap waspada dan antisipatif agar dapat melaksanakan tugas pokok dengan baik serta memelihara stabilitas nasional. Untuk itu, sikap disiplin, dedikasi, loyalitas, soliditas, dan solidaritas prajurit TNI harus optimal dan prima.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel