Berita

Personel Lanud Abd Saleh dan Insub Ikuti Upacara HUT TNI ke-74 di Surabaya

Personel Lanud Abd Saleh dan Insub Ikuti Upacara HUT TNI ke-74 di Surabaya
#TNIAU 

TNI AU.  Lanud Abdurahman Saleh, Malang dan insub turut berperan serta dalam pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-74 tingkat Garnisun Tetap III Surabaya di Lapangan Brawijaya, Markas Kodam Brawijaya, Surabaya, Sabtu (5/10). Peran serta Lanud Abdurahman Saleh dan insub adalah dengan mengirimkan sekitar 300 personel (Pamen, Pama, Bintara, Tamtama, dan Wara) dalam pelaksanaan upacara dan defile, juga kehadiran para pejabat pada upacara HUT TNI ke-74 di Surabaya.

Rangkaian upacara meliputi pemeriksaan pasukan, penghormatan kepada lambang-lambang kesatuan TNI, mengheningkan cipta, pengucapan Sapta Marga, penganugerahan penghargaan, amanat dan penghormatan pasukan. Setelah upacara diadakan sosiodrama kolosal tentang perlawanan pasukan mayangkara. Pemainnya meliputi anggota TNI, pelajar dan berbagai komponen masyarakat. Drama bertujuan menggelorakan semangat para pemuda agar terus berjuang mempertahankan NKRI, sehingga Merah Putih terus berkibar. Atraksi berikutnya adalah bela diri militer.

Agenda berikutnya defile pasukan upacara dan defile kendaraan juga alutsista darat. Pasukan defile TNI Angkatan Udara merupakan gabungan dari anggota Lanud Mulyono Surabaya, Pusdiklathanudnas serta anggota dari Lanud Abdurahman Saleh beserta insub. Anggota Lanud Abdurahman Saleh dan insubnya turut berdefile dengan Komandan Batalyon Pasukan Letkol Kal Chandra Edi Wahyudi, S.E., yang menjabat sebagai Kepala GPL Lanud Abdulrachman Saleh.

Sebagai acara tambahannya meliputi pemotongan tumpeng, pemberian penghargaan kepada anggota yang berprestasi (anggota TNI AU yang memperoleh adalah Serka Wara Devi, bintara Yanpers Dispers Lanud Abdurahman Saleh yang memperoleh emas dan perak dalam cabang olah raga terbang layang), makan bersama, panggung prajurit dan foto bersama.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Komandan Garnisun Tetap III Surabaya/Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Wisnu Prasetja Boedi, dengan dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Para Pimpinan TNI di Jawa Timur, Kapolda Jatim dan undangan lainnya. Dalam sambutannya Inspektur Upacara membacakan sambutan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Disebutkan Panglima TNI dalam pelaksanaan tugasnya, TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptif di berbagai bidang.  Hal ini telah menjadikan konsep peperangan menjadi tidak lagi terbatas dalam suatu batas teritorial dan masuk keberbagai dimensi. Sebagai contoh perang siber yang disertai perang informasi, walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Konsep-konsep inipun mengaburkan filosofi perang konvensional dengan menggeser dimensi waktu, karena perang-perang tersebut terjadi di masa damai. Ditambah lagi potensi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat.  Ancaman militer dan nir militer berubah dan TNI harus siap menghadapinya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel