Berita

Personel Lanud Abdulrachman Saleh Laksanakan Rapid Test Covid-19

Dibaca: 67 Oleh 21 Apr 2020Tidak ada komentar
Personel Lanud Abdulrachman Saleh Laksanakan Rapid Test Covid-19
#TNIAU 

TNI AU.  Mengantisipasi merebaknya virus corona 19 bagi personel TNI AU yang berdinas di Lanud Abd Saleh, Malang berbagai upaya telah dilakukan Lanud Abd Saleh, seperti wajib memakai masker, pengukuran suhu tubuh, berjemur, rajin cuci tangan dengan hand sanitizer, menghindari keramaian dan jaga jarak interaksi sosial, penyemprotan desinfektan di tempat-tempat keramaian, himbauan bagi warga lingkungan, patroli bersama aparat keamanan kabupaten di tempat-tempat ramai dan lainnya.

Seiring dengan kesiapan berbagai alat juga sarana prasarana pencegahan covid 10, maka di Lanud Abd Saleh mulai dilaksanakan rapid test covid 19 bagi para personelnya. Menurut Dansatgas Tumpas Covid 19 Lanud Abd Saleh Kolonel Pnb Reza R. R. Sastranegara, S.Sos., M.A.P., kegiatan rapid test bagi personel Lanud Abd Saleh dimulai pada, Selasa (21/4/2020) dengan jadwal dan tenaga medis dari Rumah Sakit dr M. Munir Lanud Abd Saleh. “Apabila ditemukan ada anggota yang positif untuk tidak panik dan segera ditindaklanjuti dengan tindakan cek klinis lanjutan dari Rumah Sakit. Sedangkan yang negatif tetap waspada dan melaksanakan protokol kesehatan dengan baik,” jelas Kolonel Pnb Reza R. R. Sastranegara.

Baca juga:  Entry Briefing Danlanud Abd Saleh

Sementara itu, Letkol Kes dr Achmad Yunus, Sp.O.G.,sebagai Kepala Rumah Sakit dr M. Munir Lanud Abd Saleh sekaligus Koordinator Kesehatan Satgas Tumpas Covid 19 menyampaikan rapid test fungsinya hanyalah untuk pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus corona. Metode tes dengan pengambilan sample darah dan pemeriksaan darah di alat pengukur dengan durasi pengukuran sekitar sepuluh menit.

Ditambahkan Letkol Kes dr Achmad Yunus, Sp.O.G., pada rapid test pertama dilaksanakan di tiga tempat yaitu di Gedung Cakrawala, Skadron Udara 32 dan Skadron Udara 4. Di Gedung Cakrawala diikuti oleh personel dari Dinas Khusus dan Dinas Personel, sedangkan di Skadron Udara 32 dan 4 diikuti oleh anggota dari kedua skadron setempat. Hari berikutnya bagi personel dari dinas dan satuan yang belum, juga bagi personel yang berdinas di Insub Lanud Abd Saleh seperti Depohar 30, Yonko 464 Paskhas, Denmatra 2 Paskhas, Satrad 221, GPP 5, dan Sesa Abd.

Di gedung Cakrawala pelaksanaan rapid test covid 19 disaksikan pula oleh Komandan  Lanud Abd Saleh Marsma TNI Hesly Paat, beserta Ketua PIA AG Cabang 3/D II Ny. Chyntia  Hesly Paat.  Pada siang harinya di Rumah Dinas Danlanud Abd Saleh juga dilaksanakan rapid test bagi  Komandan  Lanud Abd Saleh Marsma TNI Hesly Paat, beserta Ketua PIA AG Cabang 3/D II.

Baca juga:  Pesawat TNI AU Kembali Kirimkan Ribuan APD untuk Wilayah Bali.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel