TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Personel Lanud Maimun Saleh Laksanakan Latihan Hanlan di Aset Tanah Paya Seunara

By 26 Oct 2018Berita
DSC_0625

TNI AU. Kesiapsiagaan personel mutlak harus selalu dibina dan dilatih, terlebih sebagai organisasi perang, Lanud Maimun Saleh dan seluruh personelnya harus selalu siap dalam menghadapi segala medan pertempuran, untuk itu guna melatih dan meningkatkan kemampuan dasar pertempuran prajuritnya, bertempat di aset tanah Paya Seunara. Lanud Maimun Saleh melaksanakan Latihan Pertahanan Pangkalan, Kamis (25/10).

Dalam pelaksanaan Apel Kesiapan Latihan Hanlan diambil oleh Kepala Dinas Operasi Mayor Lek Bambang Aji Setia Negara, A.Md. tanah adalah merupakan aset penting untuk pembangunan kekuatan pertahanan yang meliputi, batas aset tanah khususnya di tanah Paya Seunara yang ada di luar area pangkalan.

Dalam latihan kali ini personel Lanud Maimun Saleh dibagi satu regu senapan dan melaksanakan patroli mengelilingi patok-patok asset di Paya Seunara kemudian di skenariokan pada saat melaksanakan patroli dihadang oleh sekelompok separatis bersenjata yang akan mensabotase Paya Seunara. Tiap-tiap regu yang sudah di tunjuk dituntut menerapkan teknik tempur dasar dan taktik regu senapan dalam mengatasi sekelompok separatis tersebut. Dan berkat kesigapan serta keseriusan dalam pelaksanaan latihan ini personel Lanud Maimun Saleh dapat menumpas kelompok bersenjata itu dengan menerapkan taktik-taktik tempur yang telah dimaterikan sebelumnya sehingga skenario latihanpun dapat terselesaikan dengan tuntas.

Komandan Lanud Maimun Saleh Letkol Pnb Yudha Irawan dalam arahannya seusai latihan, mengatakan bahwa latihan ini merupakan program kerja Lanud Maimun Saleh pada triwulan III TA 2018, selain untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit dalam hal pertempuran juga untuk mengantisipasi adanya pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang akan memanfaatkan asset yang dimiliki TNI AU di Paya Seunara.

Tujuannya dilaksanakan kegiatan Hanlan ini adalah agar seluruh personel Lanud Maimun Saleh mengetahui batas-batas area mana yang termasuk aset Lanud Maimun Saleh khususnya kepada personel yang baru. karena aset tanah merupakan alat pertahanan NKRI dalam bertugas melaksanakan pertahanan negara dan keutuhan NKRI.

Dengan harapan nantinya seluruh personel lebih mengetahui Lanud Maimun Saleh secara langsung serta batas-batas mana, area mana yang termasuk perawatan Lanud Maimun Saleh.meskipun dengan segala keterbatasan personil tapi kita selaku Prajurit harus mampu, mempertahankan dan menjaganya secara bersama-sama demi keutuhan NKRI.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Personel Lanud Maimun Saleh Laksanakan Latihan Hanlan di Aset Tanah Paya Seunara