Berita

Personel Lanud Maimun Saleh Mendapatkan Pembekalan & Penyegaran Tentang Penanganan Kebakaran

DSC_3585
#TNIAU #TNI-AU

DSC_3513TNI AU.  Kadisops Lanud Maimun Saleh Mayor Lek Bambang Aji S. Memimpin apel pagi yg kemudian menyampaikan kegiatan yg akan dilaksanakn yaitu Pembekalan & Penyegaran Tentang Penanganan Kebakaran bertempat di depan Hanggar Lanud Maimun Saleh Sabang, Rabu (12/12).

Dalam kesempatan apel tersebut Kadisops menyampaikan bahwa usai apel akan dilaksanakan Kegiatan simulasi dan latihan terjadinya kebakaran & cara penanganannya. Pelaksanaannya dirangkaikan dgn pengenalan dan praktek penggunaan Alat Pemadam Kebakaran yang dipandu oleh Sub Seksi Alat Pemadam Kebakaran (Alpeka).

Komandan Lanud Maimun Saleh Letkol Pnb Yudha Irawan disela sela giat latihan mengatakan kepada seluruh anggota, semua personel harus tau bagaimana suatu kebakaran bisa terjadi & cara untuk menanganinya, kemudian harus tahu jg dimana letak alpeka pada setiap ruangan & tempat lainnya, sehingga apabila terjadi sesuatu bahaya atau kebakaran setiap personel dapat dengan cepat mengambil tindakan pertama untuk pemadaman api tersebut dan tidak menyebabkan kebakaran lebih besar, bahkan setiap personel Lanud Mus diharapkan dpt menghilangkan atau setidaknya meminimalkan potensi terjadinya bahaya kebakaran.

Lebih lanjut Kasubsi Base Rescue Lanud Maimun Saleh Lettu Lek Abdi Risnanto mengatakan bahwa maksud dilaksanakan latihan ini untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman bagi anggota atau satuan jajaran yang ada di Lanud Maimun Saleh terhadap pelaksanaan pemadaman kebakaran baik di lingkungan kerja, di rumah atau tempat lainnya termasuk apabila terjadi kebakaran pada pesawat udara. “Selain itu giat ini juga mempunyai tujuan untuk mengenalkan alat pemadam kebakaran (alpeka) dengan benar kepada seluruh anggota yang telah terpasang di dalam bangunan terutama bangunan yang rawan terhadap kebakaran,” jelasnya.

Selanjutnya menjelaskan jenis-jenis alat pemadam kebakaran berupa tabung yang selama ini telah berada di beberapa gedung satker di lingkungan Lanud Maimun Saleh. Alpeka yang dikenalkan ada beberapa jenis diantaranya jenis alpeka Co2, DCP ( Dry Chemical Powder ), Foam, Fire Blanket bahkan alat kebakaran ringan konvensional lainnya. Usai penjelasan penggunaan alpeka, anggota diajak untuk mempraktekkan cara penggunaan alpeka, apabila terjadi kebakaran di lingkungan kerjanya, dapat menggunakannya sesuai dengan prosedur yang benar & tepat.

Leave a Reply