Berita

Personel Lanud Roesmin Nurjadin Siap Bantu Atasi Bencana

Dibaca: 1 Oleh 09 Des 2015Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Bertempat di Appron Baseops Lanud Roesmin Nurjadin, personel Lanud Roesmin Nurjadin dan Yonko 462 Paskhas mengikuti Apel Penutupan Operasi Siaga Darurat Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sekaligus Apel Gelar Pasukan Siaga Darurat Bencana Banjir dan Longsor di Provinsi Riau yang dipimpin langsung oleh Kepala BNPB Willem Rampangilei, Senin (7/12).

“Ada pelajaran penting dan berharga yang dapat kita petik akibat adanya bencana asap akibat Karhutla yang terjadi di provinsi Riau selama enam bulan terakhir, yaitu apabila upaya pencegahan Karhutla tidak dilaksanakan efektif maka kita semua yang harus menanggung akibatnya”, ujar Kepala BNPB.

Lebih lanjut Kepala BNPB menyampaikan bahwa belajar dari penanganan Karhutla yang telah dilaksanakan, yang harus diingat adalah pencegahan akan lebih efektif daripada pemadaman karena jika sudah terbakar akan sulit dipadamkan.

Kemudian berkaitan dengan ancaman bencana banjir dan longsor, Kepala BNPB menginstruksikan untuk melakukan langkah antisipasi seperti mitigasi banjir dan longsor, menyiapkan rencana kontijensi, serta mengaktifkan pos komando banjir dan longsor termasuk posko aju di daerah banjir dan longsor.

Baca juga:  Tiga Skadron Udara Tempur Lanud Iswahjudi Ikuti Gladi Posko Latihan Puncak Koopsau II

“Tak lupa, atas nama pemerintah, saya mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada seluruh anggota Satgas Penanggulangan Bencana Asap akibat Karhutla yang telah memberikan upaya serta kerja kerasnya untuk mengatasi bencana asap yang terjadi di provinsi Riau”, ucap Kepala BNPB di akhir sambutannya.

Sementara itu Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Henri Alfiandi mengatakan bahwa tidak ada manusia yang menginginkan terkena musibah ataupun bencana, namun apabila hal tersebut terjadi tentu harus segera diatasi.

“Untuk itu Lanud Roesmin Nurjadin bersama seluruh personelnya yang juga merupakan bagian dari Provinsi Riau, akan selalu siap membantu untuk mengatasi kesulitan yang terjadi di sekitarnya, dalam hal ini masyarakat di Riau”, pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Plt Gubernur Riau H. Arsjajuliandi Rachman, Danrem 031 WB Brigjen TNI Nurendi, pejabat TNI-Polri di Riau, Ka BPBD Prov. Riau, Ka BMKG Riau, serta para pejabat terkait.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel