TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Personel Lanud Sdm Ikuti Upacara HUT ke-71 TNI di Purwakarta

By 06 Oct 2016 13:56Berita
c130_hercules_indonesian_air_force_approaching

Sejumlah Pasukan TNI, Polri Segarnisun II Bandung dan Pasukan Lanud Suryadarma mengikuti upacara, parade dan defile dalam memperingati hari jadi TNI ke-71 di halaman Pendopo Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, Rabu ( 5/10).

Dalam Sambutan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan oleh Inspektur upacara Kepala Staf Kodam III Siliwangi Brigjen TNI Wuryanto mengatakan “penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2016”.

Oleh karena itu, tema pokok pada Kegiatan HUT ke-71 ini adalah “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”. Makna yang terkandung di dalam tema tersebut adalah TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat. Inilah Esensi ciri kesejatian TNI, yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi, yang terus bergerak secara dinamis. Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pembangunan kekuatan TNI harus terus dilaksanakan dalam rangka menjaga kesinambungan pembangunan pada tahap sebelumnya guna menuju pencapaian pembangunan postur ideal. Pembangunan kekuatan TNI tetap difokuskan Kepada modernisasi Alutsista, pengembangan organisasi, pembangunan sarana prasarana terutama di pulau-pulau strategis yang disesuaikan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis dan ketersediaan anggaran. Pembangunan pulau terluar tertentu yang bersifat strategis merupakan salah satu bentuk kebijakan pembangunan kekuatan TNl yang dijadikan pedoman guna mendukung pelaksanaan tugas pokok dan perannya sebagai alat pertahanan negara. Pembangunan prioritas pulau terluar yang sedang dan akan dilaksanakan tersebut adalah pulau Natuna, pulau Yamdena (Kota Saumlaki), pulau Selaru, pulau Morotai, pulau Biak dan Kabupaten Merauke”, ungkap Panglima.

Usai upacara parade kemudian dilanjutkan dengan acara defile dan drama kolosal tentang perjuangan Jenderal Besar Sudirman dalam mempertahankan kemerdekaan oleh siswa-siswi SMA Negeri 2 Purwakarta. Hadir dalam upacara tersebut Kepala Dinas Operasi Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Agus Setiawan mewakili Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI Suparmono, Bupati Purwakarta, para pejabat TNI dan para Pejabat daerah Kabupaten Purwakarta. Upacara yang berlangsung hikmad dan sederhana dipimpin oleh Komandan upacara Dandim 0619 Purwakarta Letkol Czi Cahyadi.

 

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Kotama Koopsau 1 Berita Utama PIA Ardhya Garini Kodiklatau
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Personel Lanud Sdm Ikuti Upacara HUT ke-71 TNI di Purwakarta