Berita

Personel Lanud Sjamsudin Noor Pemegang Senjata Api Jalani Tes Psikologi

Dibaca: 6 Oleh 25 Feb 2021Tidak ada komentar
Personel Lanud Sjamsudin Noor Pemegang Senjata Api Jalani Tes Psikologi
#TNIAU 

TNI AU. Jika kita mendengar kata senjata ataupun amunisi maka yang terbayang oleh kita adalah sesosok orang yang berpakaian loreng dengan perlengkapan yang lengkap beserta atributnya. Seluruh anggota TNI khususnya anggota militer Lanud Sjamsudin Noor dalam menggunakan persenjataan baik laras pendek maupun laras panjang sudah menjadi hal yang mutlak untuk dikuasai oleh seorang prajurit.

Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj, S.Sos., beserta personel yang wajib membawa senjata api laras pendek antara lain personel POM, PAM (intel), dan Ajudan Komandan Lanud Sjamsudin Noor menjalani pemeriksaan psikologi di ruang Rd. S. Suryadharma Lanud Sjamsudin Noor, Rabu (24/02/2021).

Tujuan dari tes psikologi ini untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kepribadian para personel Lanud Sjamsudin Noor yang akan menggunakan senjata api, sehingga diketahui layak tidaknya memegang senjata api. Tes psikologi ini sifatnya wajib bagi personel pemegang senpi, di samping penilaian dari atasan yang bersangkutan. Dalam tes ini personel dites dari segi kecerdasan dan kepribadiannya (pengendalian diri dan kestabilan emosi).

Pengawasan penggunaan senjata api inventaris satuan ini dilaksanakan secara berkala dengan melakukan pengecekan fisik senjata api berupa pemeriksaan wujud senjata api, jumlah peluru, dan surat-suratnya, terus menerus secara ketat. Tes psikologi bagi personel Lanud Sjamsudin Noor pemegang senjata api tersebut bisa dilakukan setiap tahunnya karena kejiwaan seseorang itu selalu berubah.

Secara umum pemegang senjata api harus ada aturannya, beban tugas, serta  kepangkatan. Ada clearance test dan tes psikologi, tidak hanya kecerdasan tapi diperlukan kestabilan mental dan jiwa juga penting. Anggota TNI yang memegang senjata api juga harus berdasarkan perintah serta sepengetahuan Komandan.

Pemeriksaan Psikologi terhadap personel pemegang senjata api di Lanud Sjamsudin Noor tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Kompi Pemeliharaan Psikologi Batalyon Kesehatan Denma Mabesau, Lettu Kes Ihsanul Hadi. Setelah menjalani tes psikologi ini, hasilnya akan langsung diumumkan, jika Tidak Memenuhi Syarat secara otomatis akan ber-implikasi pada kemungkinan yang bersangkutan tidak diperbolehkan memegang senpi dan senpi akan ditarik.

Baca juga:  Pemberian Tali Asih Dari Kasau ke Pasukan Kuning dan Pondok Pesantren

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel