TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Personel Lanud Sultan Hasanuddin Ikut Penaggulangan Keadaan Darurat Ke-102

By 13 Mar 2019 March 15th, 2019 Berita
IMG_2545

TNI AU. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin menggelar latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) ke-102, yang dibuka oleh Direktur Operasi PT. Angkasa Pura I (Persero), Rabu (13/3) di terminal Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Turut hadir pula Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI H. Haris Haryanto, S.IP., Kaotban Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan pejabat terkait lainnya.

Dalam latihan PKD ini melibatkan sekitar 700 personel dari Airport Emergency Committee dan Airport Security Committee PT. Angkasa Pura I, Lanud Sultan Hasanuddin, Perum LPPNPI, Polri, Basarnas, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Kantor Imigrasi Makassar, Kantor Bea Cukai Makassar dan beberapa rumah sakit di sekitar Bandara Sultan Hasanuddin.

“Latihan ini bertujuan untuk melatih dan menguji kemampuan personel bandara apabila terjadi keadaan darurat di bandara serta diuji sesuai dengan dokumen penaggulangan keadaan darurat di Bandara, dokumen keamanan bandara dan Standar Operating Prosedure (SOP) yang berlaku,” ujar GM PT. Angkasa Pura I (Persero).

Dalam skenario latihan yang dilaksanakan pada sore hingga malam hari ini, di drop zone bandara ada mobil pick up yang membawa bahan peledak dan dikawal oknum teroris, kemudian petugas keamanan bandara mendeteksi barang tersebut dan menahan mobil beserta sopirnya, tiba-tiba ada peluru melesat dari mobil lain yang berada di belakang mobil pick up. Saat itu juga ada bus maskapai yang mengangkut pilot dan kru pesawat disandera teroris, dimana mereka meminta pihak bandara untuk membebaskan sopir pick up yang membawa bahan peledak tersebut.

Aksi teroris tersebut dapat dilumpuhkan petugas keamanan bandara yang sigap mengepung bus maskapai yang membawa pilot dan kru pesawat. Selanjutnya tim jihandak tiba di lokasi dan oknum teroris diamankan petugas kemudian bom dapat dijinakkan dengan sistem robotis. Setelah kondisi aman, kemudian teroris diamankan ke kepolisian setempat.

Selain itu juga dilaksanakan penaganan kebakaran gedung dan penanggulangan kecelakaan pesawat Runway 21 Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. 

 

Pos Terkait

Kirim Komentar/Pertanyaan

Personel Lanud Sultan Hasanuddin Ikut Penaggulangan Keadaan Darurat Ke-102