Berita

Personel Lanud Sultan Hasanuddin Laksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani

Dibaca: 47 Oleh 06 Mei 2015Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Dalam rangka pembinaan personel Lanud Sultan Hasanuddin baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil khususnya untuk menjaga dan meningkatkan stamina dan ketahanan fisik, Selasa (5/5) dilaksanakan tes kesamaptaan jasmani di Jongging Trek Lanud Sultan Hasanuddin. 

Tes kesemaptaan jasmani yang dilaksanakan secara terjadwal tersebut, sudah menerapkan sistem penilaian atau metode samapta yang baru sesuai dengan Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Udara No. Kep/718/XII/2013, tanggal 13 Desember 2013 yaitu Buku Petunjuk Teknis TNI Angkatan Udara tentang Pembinaan Jasmani. 

Dimana perubahan terdapat pada saat lari, yang metode sebelumnya setiap personel melaksanakan lari selama 12 menit dan dihitung jarak tempuhnya yang bisa dicapai. Sedangkan pada metode yang baru seluruh personel diwajibkan lari dengan jarak tempuh 2400 meter dengan penilaian melihat waktu yang digunakan. 

Perubahan yang lain terdapat pada saat pelaksanaan Sit Up yang tidak mengharuskan posisi tangan menganyam di belakang kepala tetapi posisi tangan lurus ke depan dan jari-jari terbuka. Selain itu kategori usia peserta juga sudah diperhitungkan pada metode tes kesamaptaan jasmani ini. 

Baca juga:  Pesawat C-130 TNI AU Bawa Alat Pelindung Diri ke Lombok Nusa Tenggara Barat

Personel militer melaksanakan tes samapta A dan B meliputi Lari 2400 Meter, Pull Up, Sit Up, Push Up dan Shuttle Run serta Pegawai Negeri Sipil hanya melaksanakan tes lari dengan waktu dengan jarak 2400 Meter. 

Adapun tes kesamaptaan jasmani yang dilaksanakan secara terjadwal tersebut dibagi beberapa satuan yang diawali satuan dari Staf khusus, Wing 5, Dinas Operasi, Dinas Personel, Dinas Logistik, Skadron Udara 5, Skadron Udara 11, Skadron Teknik 044, Satpomau dan Rumah Sakit Lanud Sultan Hasanuddin serta siswa Kibi Sesa Sultan Hasanuddin. 

Menurut Kasi Binjas Lanud Sultan Hasanuddin Mayor Kes Muhammad S., “Tes kesamaptaan jasmani dilaksanakan sesuai dengan program kerja Lanud Sultan Hasanuddin dalam pembinaan kesamaptaan jasmani bagi personel Lanud Sultan Hasanuddin yang dilaksanakan setiap semester, bertujuan untuk mengetahui/mengecek kemampuan fisik/kesamaptaan setiap anggota, sehingga kedepan setiap anggota dapat mengetahui dan meningkatkan pembinaan kesamaptaan jasmani”.(penhnd/2015)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel