Berita

Personel Lanud Supadio Ikut Atasi Karhutla

Dibaca: 6 Oleh 31 Agu 2016Tidak ada komentar
Personel Lanud Supadio Ikut Atasi Karhutla
#TNIAU 

Propinsi Kalimantan Barat sangat rawan terhadap bencana terutama bahaya kebakaran. Dari tahun ke tahun kebakaran hutan dan lahan selalu menjadi permasalahan yang menyita perhatian baik pemerintah pusat dan daerah serta masyarakat. Terlebih lagi pergerakan asap yang sangat mengganggu aktivitas penerbangan, pelayaran, dan lalu lintas darat serta kerugian lainnya seperti berjangkitnya penyakit yang ditimbulkan oleh asap.

Untuk mencegah dan mengatasi kebakaran hutan dan lahan bukan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah namun menjadi perhatian yang serius bagi setiap instansi Militer dan Sipil yang berwenang, perusahaan serta tidak kalah pentingnya segenap masyarakat. Guna membantu mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) maka personel Lanud Supadio mengikuti kegiatan geladi lapangan penanggulangan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan di desa Arang Limbung, Kec. Sui Raya, Kabupaten Kubu Raya, Selasa (30/8).

Wakil Gubernur Kalbar Drs. Christiandy Sanjaya, SE,MM dalam sambutan tertulisnya yang

dibacakan Kepala pelaksana BPBD Kalbar Drs. TTA. Nyarong, M.Si mengatakan berdasarkan pada siklus kesiapsiagaan, geladi lapangan/simulasi adalah merupakan salah satu dari sembilan kegiatan yang dilaksanakan dalam tahapan kesiapsiagaan.

Baca juga:  Kesebelasan Sepak Bola Kohanudnas Melaju Ke Perempat Final

”Oleh sebab itu, pelaksanaan geladi lapang penanggulangan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan sangatlah penting. Dalam kegiatan ini diharapkan para peserta dapat meresapi tujuan khusus dari pelaksanaan kegiatan ini seperti menguji kebijakan dan prosedur yang telah disusun, mengidentifikasi, kesenjangan sumber daya, memperkuat koordinasi, dan komunikasi organisasi, memperjelas peran dan tanggung jawab serta meningkatkan kinerja perorangan”, jelas Wagub Kalbar.

Dukungan dan perhatian, lanjutnya, semua pihak untuk dapat terselenggaranya kegiatan geladi lapang penanggulangan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan sangat diperlukan sehingga upaya penanggulangan bencana dapat direncanakan dengan sebaik-baiknya.

”Diharapkan adanya komitmen yang kuat dari semua pihak untuk dapat melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga dapat dicapai hasil yang maksimal,” harap Wagub Kalbar.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel