Berita

Personel Lanud Supadio Test HIV

Dibaca: 2 Oleh 20 Jun 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Segenap personel Lanud Supadio melaksanakan test Human Immunodeficiency Virus (HIV) di lobby Markas Lanud Supadio, Selasa (20/6). Pemeriksaan HIV ini dilaksanakan oleh personel Rumah Sakit (Rumkit) Tingkat III dr. Mohammad Sutomo Lanud Supadio.

Karumkit dr. Mohammad Sutomo Lanud Supadio Letkol Kes dr. M. Taufikurrahman, Sp.Rad, mengatakan bahwa kegiatan pemeriksaan HIV ini merupakan perintah dari Komando Atas. Sehingga pada hari ini kita melaksanakan test HIV. Test HIV ini bukan hanya dilaksanakan oleh Lanud Supadio namun juga dilaksanakan oleh Lanud-lanud lain di seluruh Indonesia.

“Test HIV ini merupakan test awal dalam pencegahan penyakit HIV. Apabila ada anggota yang terindikasi maka kita akan laporkan ke Komando Atas dan akan segera ditangani secepatnya. Namun demikian mudah-mudahan tidak anggota Lanud Supadio yang terindikasi terkena penyakit HIV”, kata Karumkit.

Ia menambahkan Virus HIV ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. HIV belum bisa disembuhkan, namun demikian ada pengobatan yang bisa digunakan untuk memperlambat perkembangan penyakit yang mematikan ini.

Baca juga:  Dirdiklat Kodiklatau Buka Pendidikan 470 Siswa Calon Prajurit Bintara PK TNI AU

Kegiatan test ini dilaksanakan di tiga tempat berbeda yaitu di mako Lanud Supadio, markas Komando Batalyon 465 Paskhas dan markas Skadron Udara 1. Setiap anggota diambil sampel darahnya melalui tangan oleh anggota Rumkit Lanud Supadio. “Saya pribadi menyambut baik adanya test HIV ini karena dengan test ini kita dapat mengetahui kondisi kesehatan kita, apa kita terindikasi atau tidak dengan penyakit HIV. Semoga tidak ada anggota yang terindikasi penyakit yang menyerang kekebalan tubuh manusia”, ujar Prada Manulang salah seorang anggota yang mengikuti kegiatan test HIV.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel