Berita

Personel Lanud TPI dan Petugas Bandara RHF Berhasil Evakuasi Korban

Dibaca: 21 Oleh 13 Apr 2012Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Sekitar pukul 09.15 suasana Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) berubah tegang setelah petugas tower menginformasikan bahwa pesawat jenis B- 737-200 PK-XXX yang terbang dari Jakarta menuju Tanjungpinang mengalami engine trouble no. 1 15 menit menjelang landing. Pesawat milik penerbangan PT Camar Putih tersebut membawa penumpang 127 orang termasuk para awak.  Pukul 09.30 Pesawat terpaksa mendarat darurat dengan posisi oleng di ujung Runway 22 Bandara RHF, namun peswat melenceng dari jalur runway sejauh 25 m dan mengeluarkan asap kemudian terbakar, Kamis (12/4).

Tim Pemadan Kebakaran Bandara RHF, dan personel Lanud Tanjungpinang serta beberapa pihak terkait yang sudah bersiaga langsung menuju lokasi untuk memadamkan kobaran api dan mengevakuasi para penumpang dari badan pesawat crash tersebut. Akhirnya api dapat di padamkan dan seluruh penumpang baik korban selamat, luka, dan meninggal dunia dapat segera dievakuasi untuk segera dilarikan ke RS terdekat. Dari data perusahan penerbangan diketahui jumlah korban selamat sebanyak 100 orang,, 4 patah tulang, 14 luka ringan, 2 luka bakar dan 7orang penumpang dinyatakan tewas.

Skenario diatas merupakan simulasi Latihan Penanggulangan Gawat Darurat (PGD) di Runway Bandara RHF. Pelaksanaan simulasi tersebut disaksikan oleh Ka Bandara RHF Bapak Alif Aryana, Kasi Opslat Lanud Tanjungpinang Kapten Tek Abriyanto, serta Pejabat Dinas Perhubungan, PT Angkasa Pura II dan pihak terkait lainnya.

Pihak Bandara RHF mengatakan, simulasi ini bertujuan untuk memantapkan dan meningkatkan system keamanan dan keselamatan dan untuk menguji Standar Operasi Prosedur dari Airport Emergency Plan (AEP) dan Airport Security Plan (ASP) dalam penaggulangan gawat darurat penerbangan.

Disamping itu , Kasi Opslat Lanud Tpi yang mewakili Komandan Lanud Tanjungpinang Letkol Pnb M.J. Hanafie dalam menyaksikan latihan tersebut, mengatakan latihan PGD juga untuk menguji kehandalan fasilitas petugas PKP-P dan fungsi komando, komunikasi dan koordinasi antar unsur terkait dalam PGD. Simulasi PGD kali ini melibatkan secara keseluruhan peserta latihan 300 personel dari berbagai instansi.

Dalam latihan ini, petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan/Pemadan Kebakaran (PKP-P) Bandara RHF mengerahkan empat unit armadanya, 4 mobil ambulans, dan 25 personil Lanud Tanjungpinang dikerahkan oleh Dinas Operasi Lanud Tanjungpinang untuk membantu mengevakuasi para korban.

Baca juga:  PASIS SESKOAU ANGKATAN 48 LAKSANAKAN OLAH YUDHA MATRA II

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel