TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Personel Lanud Yohanis Kapiyau Timika Latihan PHH

IMG_6908

TNI AU.  Dalam rangka kesiapan pengamanan jelang dan pasca  Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 seluruh anggota Lanud Yohanis Kapiyau  melaksanakan latihan Penanggulangan Huru Hara (PHH) yang di laksanakan di depan pintu gerbang Mako Lanud Yohanis Kapiyau Jumat (8/3).

Kepala Dinas Operasi Lanud Yohanis Kapiyau, Kapten Pom Librianus Rimpin menyampaikan latihan PHH di simulasikan bahwa pada saat mendekati hasil akhir  kegiatan rapat pleno PPD berlangsung, tiba–tiba datang sekelompok massa yang tidak puas dengan hasil rapat pleno dan melakukan keributan/aksi protes di halaman kantor PPD.  Aksi ini segera ditangani oleh pengamanan TNI – Polri termasuk  personel dari Lanud Yohanis Kapiyau, namun aksi anarkis dari para pendemo semakin menjadi terlihat dengan adanya massa pendemo yang membawa peralatan senjata tajam berupa parang,  panah serta semakin bertambahnya massa pendemo. Koordinator pengamanan  dan PPD sepakat mengevakuasi logistik pemilu hasil perhitungan suara di TPS  sesegera mungkin. Dua (2) unit truck digunakan untuk mengevakuasi logistik pemilu dengan pengawalan oleh personel TNI-AU dan Polri ke Lanud Yohanis Kapiyau, selanjutnya diterbangkan ke Jayapura menggunakan pesawat Hercules. Situasi dapat dikendalikan dan aksi protes dapat dibubarkan setelah massa pendemo mengetahui bahwa logistik pemilu telah di evakuasi ke Jayapura mengunakan pesawat TNI-AU C-130/A-1328.

Sebelum pelaksanaan latihan, Komandan Pangkalan TNI AU Yohanis Kapiyau Letkol Pnb Sugeng Sugiharto, S.Sos menekankan kepada seluruh personel yang terlibat dalam latihan PHH agar selalu memperhatikan faktor keselamatan, baik personel maupun perlengkapan materiil yang dipergunakan dalam latihan.  Latihan tersebut  bertujuan sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan dan unjuk rasa anarkis serta mengasah keterampilan dan penyegaran bagi personel untuk meningkatkan kemampuan serta kesiap siagaan personel Lanud Yohanis Kapiyau dalam menghadapi situasi yang genting.

Pos Terkait

Kirim Komentar/Pertanyaan

Personel Lanud Yohanis Kapiyau Timika Latihan PHH