Berita

Personel Markas Kohanudnas Mendadak Jalani Tes Urine

DSC_4708
#TNIAU #TNI-AU

Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Markas Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) ke-57 pada tanggal 9 Febrauri 2019 mendatang, petugas Poliklinik Satuan Kesehatan (Satkes) Denma Markas Kohanudnas menggelar tes urine mendadak kepada personel Makohanudnas. Tes urine dilaksanakan mendadak setelah apel pagi, bertempat di lapangan Tenis Markas Kohanudnas, Halim Perdanakusuma, Senin (14/1) bertujuan untuk mengetahui terindikasi tidaknya personel Makohanudnas dari pengaruh narkoba.

Tes urine dilakukan oleh tim medis dengan dikoordinir oleh Kepala Kesehatan Kohanudnas Mayor Kes dr Klara Sinabutar, Sp.,KP., dibantu oleh dokter, perawat dan tenaga administrasi dari Satkes Denma Makohanudnas. Alat tes yang digunakan adalah  multi drug one step 6 drug screen test panel sebagai alat tes urine yang mampu mendeteksi positif/negatifnya dengan durasi waktu sekitar lima belas menit. Menurut Mayor Kes dr Klara Sinabutar, Sp.,KP., tes urine sengaja dilakukan secara mendadak untuk mengetahui dengan sebenarnya apakah personel Makohanudnas benar-benar terbebas dari narkoba atau tidak.

Ditambahkannya tes urine tersebut merupakan salah satu program dari Pusat Kesehatan TNI (Puskes TNI) dalam upaya mencegah personel TNI dari pengaruh buruk narkoba.  Setelah dilakukan uji terhadap urine ratusan personel Makohanudas oleh personel Satkes Denma Makohanudnas ternyata tidak ditemukan adanya anggota Makohanudnas yang terindentifikasi menyalahgunakan narkoba alias negatif/nihil, jelas Mayor Kes dr Klara Sinabutar, Sp.KP.

 

Leave a Reply