Berita

PERTAHANAN HORIZONTAL ”Kita harus siap”

Dibaca: 22 Oleh 28 Nov 2013Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Latihan Pertahanan Horizontal (Hanhor) tahun 2013 baru- baru ini diadakan di Lanud Abd Saleh, Malang. Dalam latihan tersebut para peserta Hanhor diberikan pembekalan oleh para pelatih dari Hanlan termasuk ceramah tentang dasar-dasar hukum serta cara pembinaan atau penggalangan massa secara praktis dan dilanjutkan dril pasukan yang bertempat di lapangan Tititk Muat Lanud Abd Saleh.

Hanhor dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok I dan kelompok II. Pada kelompok I peserta berjumlah empat puluh tujuh orang dengan lima pelatih, latihan diawali dengan patroli rute Base Ops, bandara Abdulrachman Saleh dengan menyisir ring luar menuju pos bom serta mengadakan pertahanan melingkar dan dilanjutkan patroli diluar pagar melalui Desa Tomporejo, Dengkol, Pakel dan berakhir di lapangan tembak Gondomayit untuk melaksanakan latihan menembak. Sekembalinya para peserta menggunakan rute yang berbeda yakni berpatroli dengan melewati pasar Dengkol menuju Ploso kerep, jalan brebes mili dan kembali ke lapangan Tititk Muat.

Sementara kelompok II yang berjumlah 47 orang peserta dan 5 orang pelatih melaksanakan patroli dengan rute Tititk Muat, Pos Dirgantara yang melewati Brebes mili, Ploso Kerep, pasar Dengkol, pasar hewan Dengkol hingga ke pertigaan lapangan Golf Abd Saleh menuju ke lapangan tembak Gondomayit untuk melaksanakan latihan menembak bergabung dengan kelompok I dan kembali dengan rute yang berbeda pula.

Baca juga:  Boeing TNI AU Selesaikan Misi Evakuasi WNI Dari Yaman

Dalam latihan ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan, keterampilan personel yang terlibat agar siap operasional dalam melaksanakan tugas pengamanan dan pertahanan horizontal bagi Lanud Abd Saleh. Sebelum kegiatan latihan Pertahanan Pangkalan dimulai, Kepala Seksi Pertahanan Pangkalan (Kasi Kamhanlan) Mayor Psk Junaedy, memberikan arahan kepada seluruh personel Lanud Abd Saleh beserta Insub yang terlibat dalam pelaksanaan latihan, mengenai bagaimana prosedur dalam menghadapi serangan musuh.

Latihan Hanhor yang melibatkan 150 orang anggota Lanud Abd Saleh mempunyai sasaran latihan, memelihara dan meningkatkan keterampilan taktik dan teknik patroli dalam pelaksanaan pertahanan pangkalan dan pengetahuan tentang kondisi geografis Lanud Abd Saleh yang harus dipertahankan, bila suatu saat dihadapkan pada suatu kondisi yang nyata dimana operasi pertahanan horizontal harus digelar dan pencegahan, penangkalan serta pendeteksian dini terhadap pihak-pihak yang ingin mengganggu kelancaran Operasional Lanud Abd Saleh.”Kita harus siap” kata mayor Psk Junaidy yang sekaligus menutup latihan Hanhor 2013 di lapangan Tititk Muat Lanud Abd Saleh.

Baca juga:  Warga Lanud Supadio Gelar Takbiran Idul Adha 1438 H

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel