Berita

Pertama Kali, Latihan Jalak Sakti Gandeng Basarnas, BNPB, dan PMI

Dibaca: 130 Oleh 03 Sep 2020Tidak ada komentar
Pertama Kali, Latihan Jalak Sakti Gandeng Basarnas, BNPB dan PMI
#TNIAU 

TNI AU.  Geladi Posko yang berakhir hari Ini Rabu (2/9/2020)  ditutup langsung oeh Pangkoopsau I Marsda TNI Ir.Tri Bowo Budi S., M.M., M.Tr(Han) setelah menyelesaikan TAMG yang dipimpin oleh Direktur Latihan Kol Pnb Ir Bambang Gunarto.

Pertama Kali, Latihan Jalak Sakti Gandeng Basarnas, BNPB dan PMI

Pertama Kali, Latihan Jalak Sakti Gandeng Basarnas, BNPB dan PMI

TAMG (Tactic Air Manuvering Game) yang dilaksanakan mulai dari siang hingga sore hari berlangsung seru, dan adu strategi. Dari Komandan Unsur  (Angkut, tempur dan Heli serta UAV) menyampaikan strategi yang akan diambil dalam mengemban tugas yang diberikan oleh “Makogasud Elang”.

 

Latihan antar satuan Koopsau I dengan sandi Jalak Sakti 2020 yang akan di Laksanakan di Lanud Sultan Iskandar Muda akan mengelar Foto Udara, Penerjunan Dalpur, Air Landed, Forcedown, CDS Drop dan Madevac. Dalam keterlibatan Basarnas, BNPB, dan PMI di skenariokan bahwa Provinsi Aceh sedang mengalami bencana gempa bumi yang berakibat Tsunami. Akhirnya melalui  perintah Pangkoopsau I semua Stakeholder diatas bahu-membahu melaksanakan bantuan kepada Masyarakat Aceh.

Baca juga:  Bekmatpus Peduli, Gelar Aksi Donor Darah untuk Tumbuhkan Kepedulian Kepada Sesama

Dimulai dari Keberhasilan merebut superiority negara Elang akhirnya disaat yang sama wilayah Aceh telah diguncang bencana gempa dan berpotensi tsunami. Namun sebelum kita meminta bantuan dari negara sahabat ternyata negara tetangga telah menyusupkan pesawat militer nya untuk memata-matai, akhirnya 2 pesawat F 16 milik Negara Elang melakukan penindakan.

Bencana gempa bumi di wilayah Aceh akhirnya meluluh lantakan Bumi serambi Aceh, melalui penerjunan assesment dilaksanakan oleh penerjun TNI AU untuk mengetahui keparahan daerah yang terdampak tsunami. TNI AU menurunkan ribuan pasukan Paskhas mengunakan payung dan membuka Bandara udara.

Air Landed pesawat Herkules yang telah berhasil membuka wilayah Aceh akhirnya mulailah bantuan baik dari SAR, BNPB maupun PMI mulai dapat melaksanakan tugasnya. Akhirnya berbagai manuver dilaksanakan seperti Medical evakuasi. Yang mengangkut korban mengunakan herkules dibawa ke daerah aman. Akhirnya masyarakat diberikan bantuan dengan praktek pemberian bantuan melalui wahana udara.. Sampai Sore ini acara geladi posko masih berlangsung alot dan mendapat pengarahan dari Panglima.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel