Berita

Perwira Seskoau Tampil Pada Peringatan HUT Perdamaian Dunia di PMPP TNI

Dibaca: 40 Oleh 31 Mei 2013Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Perwira TNI Angkatan Udara, berdinas di Seskoau bernama Mayor Sus Dodo Agusprio Susilo tampil sebagai juara 2 dalam penulisan artikel kategori umum berjudul “Finalisasi Misi Perdamaian Garuda”. Lomba digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Perdamaian Dunia yang diselenggarakan Pusat Misi Pasukan Perdamaian (PMPP) TNI. Penyerahan hadiah dilaksanakan pada puncak peringatan Hari Perdamaian Dunia (Rabu, 29/5) di Auditorium Markas PMPP TNI oleh Komandan PMPP TNI Brigjen TNI Imam Edy Mulyono, M.Sc. Sebagai juara 1 Subroto, Wartawan Republika berjudul “Dari TNI untuk Pasukan Perdamaian Dunia” dan juara 3, Dinir M. Sonor wartawan dari Tanjung Pinang, berjudul “Tanamkan Toleransi Setangguh Pasukan Garuda”.

Dalam sambutannya Komandan PMPP TNI Brigjen TNI Imam Edy Mulyono, M.Sc., menyampaikan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) sebagai organisasi dunia mulai tahun 2002 menetapkan tanggal 29 Mei sebagai Hari Perdamaian Dunia, dengan tujuan menghormati personel militer PBB yang gugur dalam menjalankan tugasnya. Sehingga melalui peringatan tersebut, selain menghargai jasa para pahlawan perdamaian dunia, PBB juga berusaha menggugah setiap bangsa agar tetap berupaya mencapai perdamaian di dunia yang hingga kini masih sulit diwujudkan. Ditambahkan hingga kini di berbagai belahan dunia, Pasukan Perdamaian PBB termasuk dari Indonesia terus berupaya meredam konflik diantara bangsa-bangsa yang sedang bermusuhan. Sehingga ikatan emosional dan solidaritas pasukan perdamaian dunia terjalin dengan erat.

Baca juga:  LANUD PALEMBANG KIRIM 30 ATLET

Sejak organisasi PMPP TNI berdiri tahun 2007, dan operasionalisasi markas PMPP TNI di Sentul mulai dilaksanakan tahun 2011, telah banyak capaian PMPP TNI yang merupakan Badan Pelaksana Pusat Mabes TNI dalam pengelolaan Pasukan TNI untuk misi perdamaian dunia. Capaian tersebut antara lain berbagai workshop, seminar, konferensi, course internasional, pelaksanaan seleksi dan penyiapan Pasukan Perdamaian Indonesia untuk PBB dan lainnya. Selain itu melalui pembangunan PMPP TNI, kawasan Bukit Merah Putih, Sentul pemerintah telah menjadikan tujuh kawasan terpadu untuk Perdamaian dan Keamanan Indonesia (Indonesia Peace and Security Center) dengan tujuh instansi di dalamnya yaitu Universitas Pertahanan, Badan Nasional Penaggulanggan Terorisme (BNPT), Badan Nasional Penaggulanggan Bencana (BNPB), Pusat Bahasa, Kegiatan Olah Raga Militer, Pusat Pasukan Siaga dan PMPP TNI.

Rangkaian peringatan HUT Perdamaian Dunia meliputi menyanyikan lagu Indonesia raya dengan iringan Grup Angklung dari siswa siswi SD wilayah Bogor, sambutan dari Asops Paglima TNI yang di bacakan Waasops Panglima TNI, Sambutan Komandan PMPP TNI, sambutan Sekjen PBB, Ban Ki Moon yang di bacakan Chief Security Adviser UNDSS Indonesia Mr. Robert Bruce Adolph, pemutaran film PMPP TNI dan misi perdamaian, pembacaan pemenang lomba (Photografi dan lomba menulis artikel), dilanjutkan penampilan kesenian Angklung yang membawakan berbagai lagu khususnya yang bertemakan perdamaian, kemudian pembacaan puisi perdamaian oleh perwakilan dari siswa Kridha Nusantara. Kegiatan dihadiri para pejabat Mabes TNI, Muspida, perwakilan Prajurit TNI AD, AL dan AU, Ibu-ibu IKKT PMPP TNI dan undangan lainnya.

Baca juga:  PANEN RAYA KELOMPOK TANI HAUMAT BINAAN LANUD EL TARI

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel