Berita

PERWIRA SISWA MANCANEGARA SESKOAU BERKUNJUNG KE LANUD SURYADARMA

Dibaca: 14 Oleh 24 Mar 2014Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Tujuh Orang Perwira Siswa Mancanegara Seskoau Lembang Angkatan 51, masing-masing satu orang dari Amerika Serikat, Autralia, China, Malaysia,Philipina, Pakistan dan Thailand mengunjungi Lanud Suryadarma, Senin (24/3) diterima Komandan Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Tahyodi, S AP didampingi Kadispers, Letkol Adm Edi Affandi.

Kunjungan singkat tersebut dipimpin Letkol Psk I Putu Pasek Ardhika, Staf Korsis Seskoau, Perwira Penuntun (Patun) Australia di Seskoau, Wing Cdr Andrew Rees dengan objek kunjungan Museum Amerta Dirgantara Mandala dan Museum Rumah Sejarah Kalijati tempat menyerahnya Pemerintah Belanda kepada tentara Jepang pada tahun 1942.

Dijelaskan Mayor Pom Kusmano, Kepala Museum Amerta Dirgantara Mandala, Hanggar yang digunakan museum dibangun tahun 1917, tiga tahun setelah penempatan pertama penerbangan di Kalijati. Koleksi museum adalah pesawat peninggalan Belanda yang pernah digunakan TNI AU dan secara teknis hingga sekarang masih bisa diterbangkan, sementara dijadikan museum mulai tahun 1982 yang diresmikan Kepala Staf TNI AU waktu itu Marsekal TNI Ashadi Tjahyadi.

Selanjutnya PNS Andan Pitria, petugas Museum Rumah Sejarah Kalijati memaparkan jalannya perundingan antara pemerintah kolonial Belanda dan Tentara Jepang hingga Belanda menyerah tanpa syarat pada tahun 1942.

Baca juga:  Wadan Korpaskhas Membuka Bina Matra

Di dua tempat kunjungan, para Perwira Siswa merasa kagum dengan pelestarian barang bernilai sejarah secara baik dan bisa dilihat oleh generasi berikutnya. Dalam kunjungan ini rombongan sempat mengadakan Foto bersama Komandan Lanud Suryadarma, Kolonel Pnb Tahyodi, S AP, selanjutnya seusai kunjungan rombongan kembali ke Kampus Seskoau di Lembang, Bandung.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel