Berita

Perwira Siswa Seskoau Angkatan 48 Gelar Seminar Akhir Pendidikan

Dibaca: 1 Oleh 29 Sep 2011Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) angkatan 48 tahun pelajaran 2011 menggelar Seminar Akhir Pendidikan (SAP) di Bangsal Srutasala, Seskoau, Lembang, Bandung Barat, Selasa (27/9) sebagai salah satu puncak pendidikan Seskoau. SAP berlangsung hingga Kamis (29/9) bertemakan “Dengan pemberdayaan wilayah pertahanan, TNI AU siap menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI”.

Dalam sambutan sebelum pembukaan SAP, Komandan Seskoau Marsekal Muda (Marsda) TNI Boy Syahril Qamar, S.E. menyatakan SAP merupakan satu kesatuan rangkaian kegiatan yang tidak terpisahkan dengan mata pelajaran yang telah diberikan dalam dua tahap pendidikan sebelumnya termasuk pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja III, saat Pasis survei lapangan untuk mengumpulkan data ke daerah di dua propinsi yaitu Sumatera Utara dan Kalimantan Timur. Ditambahkan Danseskoau melalui pelaksanaan SAP, diharapkan Pasis mampu mempersiapkan serta menyelenggarakan seminar dengan baik dan benar, sehingga rangkaian SAP berlangsung lancar, tertib dan sukses.

Teknis SAP Pasis Seskoau yang berjumlah 128 personel dibagi dalam dua kelompok, tiap kelompok dibagi dua sub kelompok. Masing-masing panelis dari tiap-tiap sub kelompok akan menyusun naskah awal sesuai judul, selanjutnya dipaparkan dan didiskusikan untuk menghasilkan naskah sub kelompok. Kemudian dari naskah sub kelompok tersebut akan dipaparkan dan didiskusikan melalui mekanisme berjenjang untuk menghasilkan naskah kelompok dan naskah akhir SAP. Oleh karena tahapannya cukup panjang maka memerlukan waktu sekitar tiga hari untuk penyelesaiannya.

Baca juga:  Komandan Lanud Sjamsudin Noor Dampingi Panglima TNI dan Pangkoopsau II Hadiri Acara Pencanangan TMKK dan Hari Jadi Kab. HSU ke-66 Prov Kalsel

Menurut Kol Lek Kotot Sutopo Adji, M.Si., (Han) Kepala Departemen Masalah-masalah Strategis (Kadep Mastra) Seskoau sebagai koordinator pelaksana SAP, menyatakan naskah hasil SAP nantinya akan disampaikan kepada pimpinan TNI Angkatan Udara pada akhir pendidikan. Ditambahkan naskah SAP merupakan salah satu sumbangan pemikiran Pasis Seskoau tentang permasalahan yang terjadi di tanah air untuk menelorkan konsep-konsep yang responsif, berbobot dan bernilai strategis dari tema yang dipilih. Sehingga naskah SAP diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan, bahkan perbaikan pelaksanaan tugas-tugas TNI, khususnya TNI Angkatan Udara pada masa kini maupun masa mendatang.

Turut memberikan pemrasaran dalam SAP Pasis Seskoau 48 tahun pelajaran 2011 antara lain Asisten Operasi KSAU Marsekal Muda TNI Agus Munandar, Brigadir Jenderal TNI Santoso, salah seorang Direktur di Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI dan pemrasaran terkait lainnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel