TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Perwira Teknik dan Avionik Lanud Halim P. Ikuti Pembekalan Manajemen Pemeliharaan dan Lambangja

By 04 Dec 2018 Berita
WhatsApp_Image_2018-12-04_at_12.59.01_PM

TNI AU.  Sejumlah Perwira Teknik dan Avionik Lanud Halim Perdanakusuma mengikuti pembekalan Manajemen Pemeliharaan, Lambangja, dan Bin Item, yang dipaparkan langsung oleh kepala Dinas Aeronotika TNI Angkatan Udara (Kadisaeroau) Marsekal Pertama TNI Kukuh Sudibyanto.  Acara berlangsung di Gedung Serba Guna Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (4/12).

Acara diawali dengan sambutan Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M. Tonny Harjono, S.E. yang disampaikan oleh Kepala Dinas Logistik Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel Tek Vidion Nugroho S, S.T.

Dalam sambutannya, Danlanud Halim Perdanakusuma mengatakan, bahwa kegiatan pemeliharaan merupakan suatu proses untuk mengurangi atau bahkan menghindari kerusakan dari peralatan dengan memastikan tingkat keandalan dan kesiapan dari peralatan yang kita miliki.

“Proses pemeliharaan dilakukan untuk tetap menjaga fasilitas dan peralatan dalam kondisi efektif dan efisien dimana sasarannya adalah mewujudkan nol kerusakan (zero breakdown),” lanjutnya.

“Pemeliharaan atau maintenance menjadi bagian penting yang harus diperhatikan secara terus menerus, untuk menjaga atau mempertahankan kualitas dari peralatan yang ada, terlebih lagi pemeliharaan alutsista pesawat terbang, harus menjadi prioritas utama, agar pesawat dapat berfungsi dengan baik seperti kondisi awalnya,” tambahnya.

Sedangkan bidang Lambangja, Danlanud Halim Perdanakusuma mengatakan, “Bahwa menciptakan lingkungan kerja yang zero accident, tentunya bukanlah hal yang mudah, karena banyak faktor yang mempengaruhinya”.

Danlanud Halim Perdanakusuma menegaskan bahwa materi pembekalan merupakan materi yang sangat penting untuk dipahami selain menambah wawasan dan pengetahuan.

“Materi yang akan kita simak nanti merupakan materi yang sangat penting bagi kita semua, sebagai bekal kita terkait dengan bidang pemeliharaan dan Lambangja, guna mendukung pelaksanaan tugas mendatang”, tegasnya.

“Dengan mewujudkan Manajemen Pemeliharaan yang baik, sebagai suatu system yang terdiri dari beberapa Bin Item yang saling terkait dan berinteraksi guna menjaga kesiapan operasional, khususnya kesiapan pesawat di Lanud Halim Perdanakusuma”, Danlanud Halim P. menambahkan.

“Demikian juga dengan bidang Lambangja, maka potensi-potensi penyebab kecelakaan terbang dan kerja dapat dikurangi bahkan dicegah, sehingga pada akhirnya nanti akan terwujud zero accident dalam lingkungan kerja kita”, pungkasnya.

Sementara Kadisaeroau Marsma TNI Kukuh Sudibyanto mengatakan bahwa pembekalan dimaksudkan untuk membina dan menyelenggarakan fungsi pembinaan logistik dalam lingkup pembinaan teknik dan pemeliharaan untuk menjamin kesiapan pesawat terbang, persejataan/amunisi, dan sarana bantuan, serta menyelenggrakan pembinaan profesi personel teknik.

“Dengan berlangsungnya pembekalan ini, diharapkan akan timbul pemikiran dan inovasi baru, untuk keberlangsungan pelaksanaan tugas dimasa mendatang, sesuai dengan profesi kita masing-masing,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara pembekalan, para Kasubdis Jajaran Disaeroau dan Komandan Sathar 23 beserta jajarannya.

Pos Terkait

Kirim Komentar/Pertanyaan

Perwira Teknik dan Avionik Lanud Halim P. Ikuti Pembekalan Manajemen Pemeliharaan dan Lambangja