Berita

Pesawat Boeing TNI AU, Pulangkan 4 WNI Tersandera

Dibaca: 7 Oleh 16 Mei 2016Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Pesawat intai maritim TNI AU jenis Boeing 737, dipercaya oleh pemerintah (cq. Kemenlu) untuk membawa pulang kembali empat Warga Negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok perompak bersenjata Abu Sayaf di Filipina selatan ke Indonesia. Seperti diberitakan, setelah melalui proses negosiasi panjang antara pemerintah RI dan Filipina, akhirnya ke empat WNI yang disandera, berhasil kembali ke Indonesia.

Sebelum diterbangkan dengan pesawat Boeing TNI AU, terlebih dahulu dilakukan proses penjemputan terhadap empat WNI dengan menggunakan KRI Surabaya 591. Proses penyerahan berlangsung di atas kapal, pada radius 12 mil perairan zona internasional Filipina. Setelah itu, kempat WNI di bawa ke wilayah Indonesia untuk di terbangkan dengan Helikopter menuju pangkalan TNI AU (Lanud) Tarakan, dan selanjutnya diterbangkan ke Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta dengan pesawat Boeing TNI AU.

Pesawat boeing TNI AU dengan tail number AI-7301, diterbangkan oleh Kapten Pnb Devi dan co pilot Letu Pnb Indra, take off dari Lanud Tarakan Kalimantan Utara pada pukul 07.47 wita. Pesawat yang ber-home base di skadron udara Lanud Sultan Hasanudin Makasar ini, menempuh penerbangan Tarakan – Halim Perdanakusuma selama 2 jam 33 menit.

Baca juga:  Kolonel Adm Imam Supangat Jabat Aspers Kosekhanudnas IV

Selain melaksanakan misi ini, sebelumnya pesawat boeing TNI AU juga sudah sering berkiprah dalam berbagai misi bantuan sosial di luar negeri, seperti mendukung angkutan logistik dan pergeseran personel pada saat gempa Nepal, pemulangan dan evakusi WNI yang terjebak pada konflik di Yaman beberapa waktu lalu.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel