Berita

Pesawat Dara Air Meledak di Bandara SSK II Pekanbaru

Dibaca: 18 Oleh 26 Sep 2014Tidak ada komentar
Pesawat Dara Air Meledak di Bandara SSK II Pekanbaru
#TNIAU 

Pesawat Dara Air jenis B737-900-ER dengan nomor penerbangan DRA 128 route Jakarta-Pekanbaru meledak dan terbakar di shoulder area Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Kamis (25/9).   Empat penumpang dinyatakan tewas saat kejadian, selebihnya mengalami luka bakar dan langsung di evakuasi ke sejumlah rumah sakit di kota Pekanbaru.

Kejadian bermula dari informasi yang diterima oleh petugas Air Traffic Controller (ATC) yang bertugas di Aerodrome Control Tower Bandara Sultan Syarif Kasim II dari Pilot in Command Pesawat DRA 128, bahwa pesawat mengalami gangguan landing gear problem (unlocked) sebelah kanan. Pilot kemudian meminta kepada petugas ATC untuk melakukan fly pass di area runway untuk check landing gear dan meminta bantuan saat pendaratan.

Pada saat Pesawat DRA 128 melakukan pendaratan tersebut, tiba-tiba roda sebelah kanan patah sehingga meyebabkan pesawat kehilangan kendali. akibatnya pesawat keluar dari jalur landasan pacu ke sebelah kanan sejauh 70 meter dan mesin sebelah kanan pesawat menyetuh tanah yang mengakibatkan sayap pesawat patah kemudian terbakar.

Baca juga:  PENDIDIKAN MERUPAKAN PEMBINAAN PRAJURIT

Tim pemadaman dan pertolongan dari unit Rescue and Fire Fighting Service (RFFS) Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, dibantu pemadam kebakaran dari Lanud Roesmin Nurjadin dan Pemko Pekanbaru langsung bergerak ke lokasi melakukan operasi pemadaman dan pertolongan kepada penumpang pesawat.

Peristiwa tersebut hanyalah simulasi gelar latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) pesawat udara yang dilakukan oleh manajemen PT Angkasa Pura II (Persero) SSK II bersama dengan Lanud Roesmin Nurjadin. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkecil akibat yang ditimbulkan dari suatu keadaan darurat, khususnya dalam penyelamatan jiwa manusia dan mempertahankan kelancaran operasi penerbangan.

Latihan ini melibatkan 300 personel yang terdiri dari Lanud Roesmin Nurjadin, Bandara SSK II, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru, Polsek Bukit Raya, Perusahaan angkutan udara, Tim SAR, dan sejumlah rumah sakit di Pekanbaru.

Turut hadir pada kegiatan PKD ini, Danlanud Rsn, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis, Danrem 031/WB Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto, Kepala bandara SSK II, Arif Darmawan, beserta unsur-unsur terkait lainnya.

Baca juga:  SERTIJAB KADISOPS LANUD HALIM P.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel