Berita Utama

Pesawat F-16 Program Falcon Star-eMLU Perkuat Skadron Udara 3, Lanud Iswahjudi

Dibaca: 280 Oleh 28 Agu 2020Tidak ada komentar
Pesawat F-16 Program Falcon Star-eMLU Perkuat Skadron Udara 3, Lanud Iswahjudi
#TNIAU 

TNI AU. Dua pesawat tempur F-16 A/B yang telah di upgrade melalui program Falcon Star-eMLU menambah kekuatan Skadron Udara 3, Wing 3, Lanud Iswahjudi.

Kedua pesawat ini resmi dioperasionalkan di Skadron Udara 3, setelah penandatanganan berita acara serah terima, oleh Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P kepada Danlanud Iswahjudi, Marsma TNI Widyargo Ikoputra, S.E., M.M, melalui prosesi acara Roll Out Ceremony Pesawat F-16 Falcon Star-eMLU TS-1601 dan TS-1610 yang berlangsung di hanggar Skadron Udara 3, Jumat, (28/8/2020).

Penandatangan serah terima dua pesawat F-16 ini turut disaksikan oleh Menteri PPN/Ka Bappenas RI, Suharso Monoarfa, Sekjen Kemenhan RI, Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Nurhayati, Dirjen Anggaran Kemenkeu RI, Askolani, sejumlah pejabat utama Mabesau, Pangkoopsau II dan sejumlah pejabat lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Kasau menyampaikan bahwa, pelaksanaan program Falcon Star-eMLU memberikan keuntungan besar bagi TNI Angkatan Udara, baik dalam upaya modernisasi alutsista maupun peningkatan kemampuan teknisi TNI AU dalam melaksanakan pemeliharaan tingkat berat maupun tingkat pabrik pembuat pesawat.

Baca juga:  55 Pilot Drone ikuti Sertifikasi dan Pelatihan Remot Pilot License

“Melalui program ini, TNI Angkatan Udara mendapatkan keuntungan terbesar, yaitu peningkatan kemampuan SDM, khususnya kemandirian para teknisi dalam melaksanakan pemeliharaan hingga tingkat berat dan bahkan hingga factory level,” demikian disampaikan Kasau dalam sambutannya pada acara tersebut.

Lebih lanjut Kasau juga menyampaikan sejumlah peningkatan kemampuan pesawat F-16 setelah dimodifikasi melalui program Falcon-eMLU tersebut, diantaranya penguatan struktur pesawat, sehingga meningkatkan usia pakai pesawat sampai dengan 8.000 jam terbang, peningkatan sistem avionik dan peningkatan sistem persenjataannya.

“Selain itu, peningkatan kemampuan Beyond Visual Range dan Within Visual Range dengan advanced weapon juga telah menjadikan combat effectiveness pesawat ini meningkat signifikan,” ungkap Kasau.

Pada kesempatan tersebut, Kasau juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada sejumlah pihak yang telah mendukung pelaksanaan program Falcon Star-eMLU.

“Perkenankan saya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Menteri Pertahanan RI, Menteri Keuangan RI, Menteri PPN / Ka Bappenas RI, Dirut PT DI, Deputy Chief ODC, Lockheed Martin, tim Falcon Star-eMLU, test pilot, dan seluruh pihak terkait, atas dedikasi dan
kontribusinya,” pungkas Kasau.

Baca juga:  Dilkatsar Pramuka Saka Dirgantara dan LDKKS di Lanud ZAM

Dua pesawat yang telah diserah terimakan tersebut merupakan bagian dari total 10 pesawat F-16 A/B yang akan dimodifikasi melalui program Falcon Star-eMLU. Pesawat F-16 Program Falcon Star-eMLU Perkuat Skadron Udara 3, Lanud IswahjudiPesawat F-16 Program Falcon Star-eMLU Perkuat Skadron Udara 3, Lanud Iswahjudi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel