Berita

PESAWAT HERCULES A-1341 SKADRON 17 DI REFURBISHMENT

Dibaca: 104 Oleh 09 Agu 2013Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Selama berkiprah dari tahun 1963 sampai dengan saat ini, Skadron udara 17 yang berkedudukan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, bertugas mendukung Penerbangan para Pejabat Tinggi Negara maupun Pejabat TNI, sehingga tidak mengherankan Skadron udara yang sangat familiar dengan logo Kereta Kencana tersebut merupakan Skadron udara VIP yang mempunyai fungsi serta peran dalam melaksanakan dukungan penerbangan bagi para pejabat VIP/VVIP , militer maupun sipil, dari dalam dan luar negeri.

Sejak menjadi kekuatan Skadron udara 17 pesawat C-130 Hercules A-1341 dibuat tahun 1979 dan pada sekitar tahun 1984 di pasang interior cabin untuk VIP/VVIP. Pada jamannya pesawat VIP/VVIP ini paling sering digunakan oleh Pangab Jenderal TNI ( Purn) M. Yusuf. Dan Selama lima tahun menjadi Pangab, Jenderal TNI M. Yusuf selalu menggunakan pesawat Hercules bila berkunjung ke daerah-daerah. TNI AU bahkan memberikan sertifikat “1000 jam terbang”

Pesawat legendaris TNI AU ini digunakan mengangkut jenazah Presiden Soeharto dari Lanud Halim ke Lanud Adi Soemarmo, Solo. Tanggal 28 April 1996, pesawat ini juga digunakan menerbangkan jenazah Ny Tien Soeharto ke Solo. Pesawat ini juga menjadi pesawat terakhir yang dinaiki almarhum Jenderal Jusuf tahun 2004.

Baca juga:  100 PERWIRA SISWA SEKKAU A-94 KARYA WISATA KE PADANG

Dengan telah lamanya usia kabin interior Pesawat A-1341 ini maka sudah layak untuk dilaksanakan penggantian kabin interiornya. Koopsau I dalam hal ini dipercaya oleh Mabes TNI untuk melaksanakan refurbishment interior pesawat A-1341 VIP/VVIP, pelaksanaan perkerjaan sudah dimulai pada akhir bulan Juli 2013, dengan melaksanakan penggantian desain bernuansa yang baru dan lebih cerah. Perbaikan ini dijadwalkan selama lebih kurang tiga minggu, sehingga pesawat C-130 A-1341 dapat mampu kembali mendukung kegiatan misi penerbangan VIP/VVIP dengan aman serta nyaman.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel