Berita

Pesawat Hercules C-130 A-1336 Milik TNI AU Kembali Mengantar 104 Pengungsi untuk Kembali ke Wamena.

Pesawat Hercules C-130 A-1336 milik TNI AU kembali mengantar 104 pengungsi untuk kembali ke Wamena.
#TNIAU 

TNI AU.  Hari ini, Hercules Mengantar 104 Orang Pengungsi ke Wamena.  Pagi ini pukul 08.25 WIT Pesawat Hercules A-1336 milik TNI AU kembali mengantar 104 pengungsi untuk kembali ke Wamena.

Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M.Tr (Han) menyampaikan bahwa hari ini 1 sorti pesawat Hercules membawa 78 orang dewasa dan 26 anak-anak yang ingin kembali ke Wamena.

“Pengungsi yang kita antar pulang ke wamena hari ini mayoritas adalah masyarakat Toraja, sebagian besar adalah wanita dan anak-anak yang ingin mengikuti ujian untuk melanjutkan sekolahnya” terang Danlanud.

Komandan menambahkan kepada anak-anak usia sekolah diberikan bingkisan berupa tas sekolah, yang di dalamnya berisi sepatu dan perlengkapan sekolah lainnya, sementara untuk pengungsi dewasa dibekali dengan sembako secukupnya.

“Bantuan perlengkapan sekolah ini merupakan bantuan dari Persatuan Isteri Purnawirwan (Perip), Paguyuban Trikora Maluku-Irian Jaya (Malirja), dan Majelis Taklim Halim,” tambah Danlanud.

Danlanud membuka posko pengungsi yang akan mendata dan mendaftar masyarakat yang akan kembali ke wamena.

Baca juga:  Peresmian Renovasi TK Angkasa Lanud Ats

“Setiap sore kami mengumpulkan data dari setiap posko pengungsian di sekitar Sentani maupun kota Jayapura. Jika jumlahnya mencapai 70 orang makan akan kita berangkatkan esok harinya,” terang Danlanud.

Danlanud mengutarakan bahwa secara berjenjang data tersebut akan dilaporkan ke Komando Atas, kemudian akan ditindaklanjuti dengan rencana penerbangan.

“Jika belum mencapai 70 orang, dengan pertimbangan efisiensi jam terbang, maka masyarakat akan diterbangkan di hari berikutnya,” ujar Danlanud.

Ini merupakan penerbangan ketiga sejak hari Rabu (09/10) proses pemulangan pengungsi dari Jayapura menuju Wamena. Total pengungsi yang sudah kembali ke wamena dari Jayapura ada 294 pengungsi.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel