Berita

PESAWAT HERCULES C-130 DUKUNG LATIHAN ANCAB 2012

Dibaca: 27 Oleh 31 Agu 2012Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Enam pesawat Hercules C-130 dari Skadron Udara 31 Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma dan Skadud 32 Malang, mendukung pasukan Batalyon Infanteri Lintas Udara 501 Madiun dalam latihan Antar Kecabangan 2012 tingkat brigade, Rabu (29/8).

Formasi enam pesawat untuk drooping personel ini dipimpin oleh Komandan Skadron Udara 31 Letkol Pnb Eko Sudjatmiko. Sebanyak tujuh ratus anggota pasukan beserta pelatihnya Air Landed di Lanad Baturaja Waytuba. Dengan ketinggian yang rendah 1300 feet. Pasukan memasuki pesawat Pukul 10.57 WIB yang selanjutnya take-off pukul 11.13 WIB. Separasi take-off antar ke-enam pesawat adalah lima belas menit. Dan sesuai jadwal, pesawat badan besar ini mendarat kembali pada siang hari pukul 13.15 WIB.

Menurut Mayor Inf Fuad selaku Wadan Yon Linud 501 Madiun, sebelumnya telah diterjunkan 700 anggota pasukan. Total seluruhnya yang terlibat dalam kegiatan puncak tahunan ini ada 4000 personil. Sementara kegiatan persiapan penerjunan dilakukan di Lanud Halim, telah ada satu brigade berada di daerah Lampung.

Baca juga:  Donor Darah Dalam Rangka HUT TNI

Lebih lanjut dikatakannya, tujuan latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan, mutu serta profesionalitas prajurit. Disebut Antar Kecabangan sebab terdiri dari lima belas kecabangan di TNI AD dan sebagian besar berasal dari jajaran Kostrad sebagai unsur utama kekuatan pasukan. Antara lain, Infanteri, Armed, Kavaleri, Arhanud, Bekang, Pom, Zeni, Perhubungan dll.

Latihan Ancab merupakan latihan puncak dari TNI AD tahun 2012 ini. Dilaksanakan tingkat brigade. Penggabungan taktik seluruh kecabangan di TNI AD. “Mensinergikan aplikasi taktik masing-masing kecabangan di jajaran TNI Angkatan Darat”, tambah Kapten Inf Arianto MS, Penilai sekaligus Pelatih.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel