Berita

PESAWAT HERCULES LANUD ABD ALAMI ACCIDENT

Dibaca: 6 Oleh 27 Mar 2014Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Pagi tadi sekitar pukul 07.00, Wib. Pesawat C-130 Hercules seri A-1308 milik Skadron Udara 32 melaksanakan training rutin setiap minggunya untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan para Penerbang.   Setelah training penerbangan dinyatakan cukup, pesawat hendak kembali ke homebase-nya.   Tetapi ketika roda-roda pesawat sudah berhasil dikeluarkan dalam posisi yang benar tiba-tiba terjadi percikan api di mesin ke 3 dan menimbulkan kebakaran sehingga pesawat yang dipiloti oleh Mayor Pnb Subhan harus segera melaksanakancrash landing.   Karena kerasnya hentakan pesawat ketika roda menyentuh runway  sehingga menyebabkan 2 orang crew meninggal dunia, 5 orang patah tulang dan 2 orang lainnya selamat.             

Untuk mengamankan situasi, Tim Pemadam Kebakaran (PK) Lanud Abd Saleh segera dikerahkan setelah tower mendapat informasi terjadinya accident.    Selanjutnya Satuan PK langsung menyiapkan 3 unit mobil pemadam kebakaran yang masing-masing ditempatkan di ujung landasan.   Dengan kesigapan personel crash team, accidentsegera dapat diantisipasi selama kurang lebih 10 menit.   Para Crew segera dievakuasi oleh tim SAR setelah pesawat diamankan oleh unsur pengamanan dari Lanud. Para korban segera dilarikan ke rumah sakit Lanud Abd dengan 3 buah mobil ambulance Rumah Sakit Lanud Abd Saleh untuk mendapatkan pertolongan medis. Berkat kesiapan pasukan operasi dan Crash Team Lanud Abd Saleh Accident tersebut akhirnya dapat diatasi dengan cepat dan tepat.             

Kejadian tersebut merupakan skenario dari Latihan Crash Team dalam rangka Latihan Garuda Perkasa 2014.    Latihan Crash Team ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan ketrampilan personel Lanud Abd Saleh tentang prosedur penanganan accident pesawat dan cara pengoperasian peralatan yang digunakan oleh kesatuan kerja crash team.   Latihan ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun, hal ini dimaksudkan agar setiap personel tanggap dan senantiasa siap melakukan tugasnya dengan benar apabila sewaktu-waktu terjadi emergency pesawat di Lanud Abd Saleh.  

Baca juga:  Dynamic Pegasus Pukau Pengunjung Indodefence 2014

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel