Berita

Pesawat Jabiru (J)-430 Rakitan SMKN 12 Bandung

Oleh 18 Sep 2019 September 20th, 2019 Tidak ada komentar
PESAWAT JABIRU (J)-430 RAKITAN SMKN 12 BANDUNG
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Lanud Husein Sastranegara (HSN), Kolonel Pnb. Bonang Bayuaji G. S.E., M.M. didamping Kepala Sekolah SMK 12 Drs. H Slamet Heryadi, M.Pd., melihat langsung pesawat Jabiru produksi SMKN 12 di Hanggar SMKN, Selasa (17/9/2019). Siswa SMKN 12 Bandung berhasil menyelesaikan perakitan pesawat Jabiruyang dimulai sejak tahun 2011 silam. Bahkan pesawat PK SMK Jabiru itu telah diterbangkan untuk ujicoba beberapa waktu lalu dengan rute dari Bandara Husein Sastranegara ke Batujajar dilanjutkan ke Lapangan Udara Lanud Sulaiman dan kembali ke Bandara Husein Sastranegara.

Pesawat berkapasitas 4 orang itu mampu terbang selama 4 jam. Misinya bisa sebagai pesawat latih, untuk praktik perawatan bagi siswa di antaranya, untuk latihan terbang, perawatan mesin, serta mengenal struktur dan mesin pesawat., hingga menyiram lahan pertanian. Pesawat Jabiru beberapa tahun belakangan ini turut berpartisipasi dalam Bandung Air Show.

Dijelaskan Kepala sekolah Pesawat terbang yang dirakit pelajar SMKN 12 Bandung, Jabiru (J)-430 ini, sanggup terbang selama empat jam tanpa henti dan instrumennya terdiri dari instrumen mesin Jabiru 3.300 cc. Bahan bakar pesawat memakai oktan 95, avtur atau pertamax plus dengan kapasitas 35 liter. Selama perancangan pesawat siswa SMKN mendapat bimbingan dari para pakar pesawat dari PT Dirgantara Indonesia. Jabiru juga telah bergabung dengan Federasi Aeromodeling Seluruh Indonesia (FASI).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel