Berita

Pesawat Latih “Terbakar” di Utara Landasan Adisutjipto

Dibaca: 8 Oleh 04 Des 2014Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Kamis (4/12) Pukul 09.00 pesawat latih jenis T-34 Charlie dengan Nomor LD-34XY milik Sekbang TNI AU Adisutjipto, mengalami trouble engine yaitu  fire detector light menyala.   

Pesawat dengan penumpang satu Pilot dan siswa Konversi ini akan segera melaksanakan landing (request direct landing). Simulasi Crash Rescue Team diawaki oleh pilot Mayor Pnb Dody Supriyanto dan siswa oleh Mayor Pnb Urip Widodo. Mereka melaksanakan latihan rutin mengambil latihan diatas Pantai Congot, Kulon Progo, Yogyakarta.

Tower Base Ops Lanud Adisutjipto merespon berita emergency dari pesawat LD-34XY yang mengalami gangguan dan segera menginstruksikan melaksanakan pendaratan tersebut dengan melaporkan ke Kadisops dan ke Komandan Lanud Adisutjipto. Seluruh jajaran yang terkait di Lanud Adisutjipto segera siap siaga sesuai bidangnya masing-masing. Pada pukul 09.27 WIB akhirnya pesawat mendarat dengan mesin terbakar dan terperosok di sebelah utara landasan.

Didukung oleh PKP-PK Bandara, Paskhas, Ambulance baik dari Lanud Adisutjipto, Bandara maupun Ruspau Hardjolukito serta Tim Recovery dari Skadik 102, Base Rescue Lanud Adisutjipto segera menyelamatkan penerbang dan pesawat. Jajaran Satpom, dan Intelpam Lanud Adisutjipto mengamankan lokasi kecelakaan sedangkan jajaran Pentak turut dalam pengamanan informasi dan dokumentasi terutama berkoordinasi dengan wartawan.  Dalam kejadian tersebut api dapat segera dipadamkan dengan waktu kurang dari 10 menit. Awak pesawatnya pun dapat diselamatkan dan dievakuasi ke RS Hardjolukito untuk mendapat perawatan. Demikian sedikit gambaran skenario kecelakaan dalam Latihan Crash Rescue Team yang dilaksanakan di Lanud Adisutjipto.

Kepala Seksi Operasi dan Latihan Lanud Adisutjipto, Mayor Pnb. H.S. Romas selaku Komandan Satuan Tugas Latihan Crash Rescue Team, di TKP menjelaskan bahwa latihan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman bagi anggota atau jajaran yang ada di Lanud Adisutjipto terhadap pelaksanaan penanggulangan kebakaran pesawat terbang dan penyelamatan awak pesawat.

Baca juga:  PENTINGYA KALIBRASI BAGI LANUD IWJ

Sehari sebelumnya Kadisops Lanud Adisutjipto, Kol. Pnb Erwan Andrian, dalam briefing pendahuluan latihan menegaskan bahwa tujuan dari latihan ini yaitu untuk memberikan bekal pengalaman praktek lapangan bagi anggota Lanud Adisutjipto khususnya PKP-PK tentang pemadaman kebakaran pesawat terbang dan pertolongan pada awak pesawat, sehingga anggota terlatih terhadap penggunaan AL-PK sesuai prosedur, pungkasnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel