Berita

PESAWAT MIG 17 FRESCO SIAP DIKIRIM KE MEDAN

Dibaca: 38 Oleh 31 Agu 2012Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Setelah dilakukan pengecatan selama 10 hari di Skadron teknik 022 Lanud Abd Saleh, pesawat MIG-17 Fresco yang pernah dimiliki TNI AU pada era 1960-an yang berada di Malang, siap untuk dikirim ke Lanud Suwondo Medan. 

Pesawat MIG-17 Fresco yang di sebut dengan pesawat tempur lincah ini, semula dijadikan monumen di daerah Patal Lawang dan sempat memperindah wilayah Lawang Malang, kini ditarik kembali oleh Lanud Abd, karena kondisi pesawat tidak terawat dengan baik. 

Rencananya pesawat MIG-17 Fresco setelah dilakukan pengecatan yang disesuaikan dengan aslinya kemudian di packing dan selanjutnya akan dijadikan monumen pesawat di Medan. 

Dalam sejarahnya pesawat MIG-17 Fresco buatan Uni Soviet mulai dimiliki TNI AU pada tahun 1960 dan pensiun pada tahun 1969, usia operasional yang sangat singkat untuk sebuah pesawat jet tempur. dan pernah membuat Belanda mengurungkan niatnya mengambil kembali Irian Barat dan membawa nama Indonesia menjadi Angkatan Udara terkuat nomor empat di dunia pada tahun 1960an.

Baca juga:  Penyerahan Sembako dari CSR BRI kepada Lanud Sulaiman

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel