Berita

Pesawat Multi Fungsi N-219 Diresmikan

Dibaca: 2 Oleh 14 Des 2015Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna yang juga menjabat Komisaris Utama PT.Dirgantara Indonesia (PT.DI) menghadiri peresmian pesawat N-219 oleh Menpolhukam Luhut Panjaitan mewakili Presiden RI Jokowi di PT. DI Bandung, Kamis (10/12).

Presiden RI Jokowi dalam amanatnya yang dibacakan Menkopolhukam Luhut Panjaitan mengatakan, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia terus mencari solusi koneksivitas yang dapat menyatukan puluhan ribu pulau yang tersebar di nusantara, karenanya angkutan udara menjadi solusi terbaik untuk menyatukan daerah terpencil yang tidak bisa dilalui melaui laut maupun darat. “Pengembangan pesawat N-219 harus diperhatikan secara cermat dan didorong penyempurnaanya. Untuk itu,harus ada kerjasama yang baik antara Mentri Perhubungan dengan PT. DI serta pihak terkait lainnya agar pesawat tersebut dapat cepat beroperasi dengan baik dan aman”, tegas Presiden.

Dikatakan, selama ini ada pesawat perintis jenis twin otter, namun saat ini armadanya sangat kurang dan tidak layak untuk terbang. Dengan hadirnya pesawat multi fungsi N-219 dari industri penerbangan dalam negeri akan sangat membantu dan mempercepat pemerataan ekonomi di masyarakat.

Baca juga:  Adu Kemampuan Kesegaran Jasmani Perwira Siswa Seskoau

Pesawat N-219 ini diberi nama “burung besi” merupakan pesawat transportasi ringan bermesin ganda yang dirancang untuk melayani daerah-daerah terpencil di Indonesia dengan kapasitas 19 orang penumpang. Pesawat N-219 yang akan menyisir daerah-daerah terpencil sebagai rute operasinya ini, memiliki keunggulan teknis untuk terbang di wilayah dataran tinggi, dan lepas pandas serta mendarat pada landasan pacu pendek seperti daerah Papua yang memiliki landasan pacu pendek dengan topografi tinggi,” kata Direktur Utama PTDI, Budi Santoso.

Selain membuat pesawat sendiri, PT. DI selama ini menjadi subkontraktor untuk industri-industri pesawat terbang ternama di dunia seperti Airbus Eropa, Boeing dan General Dynamics asal Amerika Serikat, serta Fokker Belanda.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel