Berita

Pesawat OV-10F Bronco Mendapat Rumah Baru Di Sumenep

Dibaca: 76 Oleh 18 Des 2015Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Komandan Wing 2 Lanud Abd Saleh Kolonel Pnb Moch. Arifin, ST., pada Rabu (16/12) siang mewakili Komandan Lanud Abd Saleh, meresmikan monumen OV-10F Bronco yang ditandai dengan penyerahan berita acara oleh Danwing 2 kepada Bupati Sumenep Madura Drs. Ec. Sudarmawan, M.M. di ruang Rapat Bupati Sumenep Madura, disaksikan para pejabat Muspida Sumenep dan para pejabat Lanud Abd Saleh.

Sesaat sebelum peresmian, Danwing 2 menyampaikan harapannya agar dengan memonumenkan pesawat yang memiliki julukan “si Kuda Liar” atau biasa disebut kampret di jajaran TNI AU ini dapat menjadi sarana untuk mengenang kiprahnya dalam medan laga. Pesawat OV-10F/Bronco telah berjasa di Operasi (Ops) Seroja (1976-1979) di NTT, Ops Tumpas (1977-1978)di Irian Jaya, dan Ops Halilintar (1978) di Riau dan di operasi-operasi lainnya.

Menurut Danwing 2 Lanud Abd, pembangunan monumen pesawat OV-10F Bronco ini dimaksudkan untuk melestarikan salah satu pesawat TNI AU yang pernah memperkuat kekuatan udara di tanah air. Selain itu, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kebanggaan atas pesawat yang dimiliki oleh TNI AU. Pesawat OV-10 dengan nomor regristasi TT.1012 ini didatangkan langsung dari Skadron Teknik (Skatek) 022 Lanud Abd Saleh, Malang, dengan menggunakan kendaraan Truck lewat darat. Setibanya di Sumenep Madura, kedatangan pesawat tersebut langsung direka ulang kembali oleh para teknisi dari Skatek 022, sehingga mencapai kondisi aslinya.

Baca juga:  Depo Pemeliharaan 70 Peringatan 1 Muharram

Pesawat buatan Negara North American yang pernah memperkuat armada Skadron Udara 21 Lanud Abd, kini mendapat ”rumah baru” dan menjadi ikon baru di Sumenep Madura, diharapkan masyarakat Kabupaten Sumenep Madura dan sekitarnya dapat melihat langsung bukti semangat pengabdian dan perjuangan ksatria-ksatria udara dalam mewujudkan tetap utuhnya NKRI.

Monumen ini juga diharapkan mampu menumbuhkan semangat kedirgantaraan bagi masyarakat sekitar. Bagi masyarakat Sumenep yang memiliki Bandara Trunojoyo kiranya sudah saatnya untuk lebih menekuni teknologi kedirgantaraan sehingga proses pembangunan yang direncanakan maupun perkembangan ekonominya akan dapat berjalan lebih cepat serta seluruh warga Sumenep menjadi lebih makmur dan sejahtera

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel