Berita

Pesawat P-3C Orion Korsel Beraksi dari Lanud Halim

Dibaca: 51 Oleh 02 Jan 2015Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Pesawat P-3 C Orion Pesawat P-3C Orion KN-01 Korsel dibawah pimpinan Colonel Yoon Kiheui dengan Mission Commander Mayor Lee Jung Bong, Captain Pilot Captain Song Yong Hoon, dan Copilot Captain Jang Woo Yong dan Captain Lee Gyu Yoon dan diikuti observer sekaligus penerjemah TNI AU Mayor Pnb Trinanda Hasan dari Skadron Udara 2 Halim, tinggal landas dari Halim pada pukul 08.59 pada pencarian hari kelima, kamis (1/1) menuju sasaran di Area III meliputi titik hilangnya Airbus 320 dan área sebelah selatannya. Pesawat intai Maritim anti Kapal Selam AU Korsel ini akan membantu melokalisir badan utama pesawat Airbus yang hilang.

Spesifikasi P-3 C milik ROKAF buatan Lockheed Martin : Kecepatan Patroli 205 knots(375 kmpj), Jarak Jelajah 3000 NM (5490 km), Awak 2 Pilot dan 8 Crew, Peralatan deteksi adalah Radar, MAD (Magnetic Anomaly Detection ), ESM (Electronic Support Measures), IRDS ( Infra Red Detection System ).

Setelah terbang selama 7 jam,pesawat P-3C Orion KN-01 ROKAF (AU Korsel) mendarat di Halim pukul 16.01. namun dari penjelasan penerbang Mayor Lee Jung Bong, Captain Pilot Captain Song Yong Hoon dan observer/pennerjemah TNI AU Mayor Pnb.Trinanda Hasan pada penerbangan hari ini belum menemukan jejak serpihan, korban atau badan pesawat Airbus 320 di area pencarian Sektor III. Penerbangan pesawat andalan Korsel ini akan melanjutkan missinya besok dengan tetap mengikutkan personil TNI AU untuk mempermudah komunikasi serta koordinasi.

Baca juga:  Kunjungan Itjen TNI AU ke Kohanudnas

Persahabatan diuji dalam masa krisis, karena itu kehadiran Satgas P-3C Orion Korsel melibatkan personel TNI AU ini yang selama sebulan akan mendukung kegiatan SAR pesawat Airbus 320 Air Asia yang jatuh di selat Karimata adalah bukti eratnya hubungan kedua negara. Semoga bantuan dari pesawat negara sahabat Korsel dapat mempercepat upaya penemuan dan evakuasi korban dari tragedi Air Asia ini.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel