TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Pesawat Tempur Lanud Abd Force Down Pesawat Asing

By 03 Apr 2018Berita
FORCEDOWN_2

TNI AU.  Informasi adanya satu pesawat asing yang masuk Zone Area Lanud Abd. Saleh tanpa ijin yang diperoleh Satuan Radar (Satrad) 221 Ngliyep menangkap pesawat tak dikenal tersebut dan segera melaporkannya ke Pejabat terkait Lanud Abd Saleh. Pesawat tempur TNI AU Embraer Super Tucano dari Skadron Udara 21 Lanud Abd. Saleh segera mengejar pesawat tak dikenal dan tanpa flight clearance dari Mabes TNI dan memForce Down (Paksa Mendarat) pesawat tersebut untuk mendarat di landasan pacu Lanud Abd. Saleh dan disambut dengan kesiapsiagaan tinggi oleh pasukan Pertahanan Pangkalan lengkap.

Pesawat asing tersebut setelah mendarat dengan aman dan diarahkan ke tempat yang steril yaitu di Titik Muat untuk dilaksanakan penangkapan terhadap crew pesawat tak dikenal dan menginterogasinya di kantor Ka Intel Lanud Abd dengan penjagaan tingkat tinggi guna memperoleh keterangan yang lengkap dari crew pesawat Asing.

Kegiatan pendaratan paksa oleh pesawat tempur Super Tucano dari Skadron Udara 21 Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh terhadap pesawat tak dikenal yang tanpa mengantongi Flight Clearance dari pihak berwenang pemerintah Indonesia adalah merupakan bagian rangkaian skenario kegiatan Latihan Garuda Perkasa 2018 Lanud Abdulrachman Saleh yang beberapa hari yang lalu dibuka oleh Komandan Lanud Abd. Saleh Kolonel Pnb Andi Wijaya, S. Sos.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Pesawat Tempur Lanud Abd Force Down Pesawat Asing