Berita

Pesawat Tempur Sukhoi Su-27 dan Su 30 TNI AU Latihan Pendahuluan di Lanud Abdulrachman Saleh

Pesawat Tempur Sukhoi Su-27 Dan Su 30 Tni Au Latihan Pendahuluan Di Lanud Abdulrachman Saleh
#TNIAU 

TNI AU. Setelah sekitar seminggu ini langit di Malang Raya dan sekitarnya dihiasi bertambahnya deru dan raungan pesawat tempur Udara Sukhoi SU 27 dan Sukhoi SU 30 dari Lanud Sultan Hasanuddin Makassar yang tengah mengudara guna mengasah profesionalisme penerbangnya mengawaki pesawat tempur di area terbang Malang Raya dan sekitarnya.  Selain latihan terbang dilaksanakan juga penembakan bom di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi Lumajang.

Pada Kamis (28/6) Pesawat Sukhoi SU 27 dan Sukhoi SU 30 terbang rendah di atas kota Malang.  Menurut Komandan Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh Kolonel Pnb Meka Yudanto, S.E.,M.A.P., pesawat terbang rendah di atas kota Malang karena kota Malang merupakan jalur naik turun pesawat menuju landasan pesawat yang ada di Lanud Abdulrachman Saleh yang berada di Kecamatan Pakis.  Sebelum mendekati landasan, pesawat sudah memposisikan diri ke arah landasan.  Sehingga saat memposisikan diri, pesawat tempur terbang agak rendak mendekati daratan.  Ketika terbang rendah, suaranya menggelegar dan dirasakan di darat cukup keras.

Direncanakan TNI Angkatan Udara akan melaksanakan latihan puncak bernama  Angkasa Yudha tahun 2019. Latihan puncak adalah akumulasi dari latihan prajurit TNI AU yang dilaksanakan secara berjenjang (urut) mulai dari perorangan, satuan, antar satuan hingga tingkat TNI AU. Latihan Angkasa Yudha selain meningkatkan profesionalisme dan kemampuan prajurit TNI AU juga bertujuan menguji doktrin, koordinasi, kerjasama, keterpaduan pola operasi serta kemampuan teknologi informasi dalam penyelenggaraan kegiatan operasi udara dalam menghadapi ancaman.

Untuk itu sebelum Latihan Angkasa Yudha digelar diadakan beberapa kegiatan berupa latihan posko oleh pelaku selama beberapa hari (di Seskoau akhir Juni-awal Juli) dan manuver lapangan (selama beberapa hari pada pertengahan Juli 2019). Selain Latihan Angkasa Yudha akan dilaksanakan pula demo penembakan udara atau Fire Power Demo (FPD) pada minggu terakhir Juli 2019 di AWR Pandanwangi, Lumajang.  Latihan pesawat Sukoi di Lanud Abdulrachman Saleh adalah untuk mempersiapkan diri (latihan pendahuluan) dalam pelaksanaan manuver lapangan dan FPD tersebut.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel