Berita

Pesawat Tempur Taktis EMB-314 Super Tucano Home Flight Dari Lanud Sjamsudin Noor

Dibaca: 13 Oleh 28 Des 2015Tidak ada komentar
Pesawat Tempur Taktis EMB-314 Super Tucano Home Flight Dari Lanud Sjamsudin Noor
#TNIAU 

Kemarin, Senin, (21/12) hingga hari ini, Selasa (22/12) sebanyak 4 pesawat tempur yang bisa dibilang baru dimiliki TNI AU jenis EMB-314 Super Tucano tiba di Lanud Sjamsudin Noor. Pesawat tempur taktis TNI AU tersebut mendarat di Lanud SAM setelah selesai melaksanakan misinya dalam rangka jelajah medan operasi pengamanan perbatasan di Pontianak dan Ranai Kepulauan Natuna.

Sebelumnya keempat pesawat tempur taktis tersebut sempat flypass diatas langit Kota Banjarmasin dan Banjarbaru. Kedatangan Super Tucano tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Skadron Udara 21 Lanud Abdurrahman Saleh Malang, Letkol Pnb Dedy ’’Snow Wolf’’ Iskandar dan disambut oleh Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Erwin Sugiandi. Menurut Komandan Lanud SAM kedatangan Super Tucano di Lanud SAM tersebut, dalam misi pengamanan perbatasan. Lebih lanjut, Danlanud SAM menambahkan kegiatan ini juga untuk memastikan kesiapan Lanud Sjamsudin Noor sebagai pangkalan aju dalam memberikan dukungan operasi udara.

Keempat pesawat Super Tucano dan satu pesawat Hercules C-130 A-1320 beserta para crew tersebut sempat ron (bermalam) di Lanud SAM dan hari ini, Selasa pagi, (22/12) pesawat-pesawat tersebut beserta para crewnya lepas landas untuk melanjutkan perjalanannya kembali ke home base di Lanud Abdurrahman Saleh Malang.

Baca juga:  Danlanud Abdulrachman Saleh Buka Kursus CRM A-31

Pesawat buatan pabrik pesawat terbang Embraer Brazil tersebut merupakan pesawat tempur taktis yang dilengkapi dengan teknologi modern yang dapat digunakan untuk berbagai misi, seperti serangan ringan, pengintaian serta dapat dioperasikan pada malam hari (memiliki FLIR & NVG Compatible) sehingga sangat ideal untuk melaksanakan misinya dalam COIN (Counter Insurgency) dengan presisi yang tinggi. Sistem persenjataan Super Tucano terdiri atas 2 machine gun kiri dan kanan serta dapat dipasang bomb sejenis MK-81 maupun MK-82, Cluster, Rocket Pod dan juga dapat dipasang Laser Guided Bomb.

Meski hanya sekejap, kedatangan pesawat-pesawat tersebut mampu menunjukkan kepada publik Banjarmasin bahwa kekuatan TNI AU itu masih bisa diandalkan guna menjaga Pertahanan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai dan banggakan sampai saat ini.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel