TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Pesawat Tempur TNI AU Jatuh Saat Akan Landing

By 14 Mar 2019 Berita
CRASH_TEAM_1

TNI AU. Pesawat Emb-314 Super Tucano Skadron Udara 21 Wing 2 Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh Rabu pagi, Rabu (13/03) sekitar pukul 08.30, Wib. Jatuh disekitar lapangan tembak Gondomayit Lanud Abd Saleh. Pesawat tersebut pasca melaksanakan home flight selesai pulang mission.

Menurutnya, saat melakukan pendaratan, mesin pesawat mengalami masalah dan mengeluarkan api dan menimbulkan kebakaran sehingga pesawat harus segera landing namun naas belum sampai runway 17 pesawat jatuh dan terbakar yang menyebabkan 1 crew mengalami luka-luka serius.

Untuk mengamankan situasi, Tim Pemadam Kebakaran (PK) Baseops Lanud Abd Saleh segera dikerahkan setelah mendapat informasi terjadinya accident dari ATC ( Air Traffic Control ). Selanjutnya Satuan PK Baseops Lanud Abd Saleh langsung menluncurkan 2 unit mobil pemadam kebakaran, tim medis, tim pengamanan dan SAR menuju sasaran TKP di lapangan tembak.

Dengan kesigapan personel crash team, accident segera dapat diantisipasi dan Crew segera dievakuasi oleh tim SAR setelah pesawat diamankan oleh unsur pengamanan dari Lanud Abd. Saleh. Korban segera dilarikan ke rumah sakit dengan mobil ambulance Rumah Sakit dr. M. Munir Lanud Abd Saleh untuk mendapat-kan pertolongan medis. Berkat kesiapan pasukan operasi dan Crash Team Lanud Abd Saleh Accident tersebut akhirnya dapat diatasi dengan cepat dan tepat.Kejadian tersebut merupakan sekenario latihan Garuda Perkasa T.A. 2019 Lanud Abd Saleh, kata Komandan latihan Letkol Pnb Taufik Nur Cahyanto.

Lebih lanjut Letkol Pnb Taufik Nur Cahyanto mengatakan, Latihan Crash Team ini bertujuan untuk memelihara / mempertahankan kemampuan dan ketrampilan anggota Crash Team Lanud Abd Saleh dalam menghadapi kemungkinan kondisi emergency baik kebakaran hanggar, gedung/perkantoran maupun kecelakaan pesawat terbang di sekitar pergerakan pesawat di lingkungan Lanud Abd Saleh.

Latihan ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun, hal ini dimaksudkan agar setiap personel tanggap dan senantiasa siap melakukan tugasnya dengan benar apabila sewaktu-waktu terjadi emergency pesawat di Lanud Abd Saleh, papar Letkol Pnb Taufik.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Pesawat Tempur TNI AU Jatuh Saat Akan Landing