Berita

PESAWAT TEMPUR TNI AU PAKSA MENDARAT PEASAWAT ASING

Dibaca: 7 Oleh 02 Jul 2012Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Pesawat tempur TNI AU jenis Hawk 100/200 kemarin melmaksa mendarat (force down) pesawat asing di Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo, Jum’at (29/6) dan setelah mendarat pesawat tempur asing dengan 1 awak tersebut, lalu di giring pasukan Khas TNI AU, POM AU beserta petugas lain dari Lanud Soewondo menuju Appron kelapa sawit dibawah todongan senjata oleh POM AU dan pengawalan ketat oleh Paskhas AU.

Pilot asing tersebut digeledah oleh POM AU, selanjutnya digiring menuju kesatu ruangan di Baseops Lanud Soewondo untuk menjalani proses interogasi yang di laksanakan oleh petugas Inteligent udara Lanud Soewondo.

Demikian scenario latihan kesiap siagaan pertahanan udara nasional dengan nama sandi “ LATIHAN OPERASI HANUDNAS PERKASA C 2012 “ yang di gelar Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional III Medan yang dilaksanakan.

Dalam puncak latihan yang di gelar di wilayah Kosek Hanudnas III Medan, selain pemaksaan mendarat terhadap pesawat tempur asing, juga melaksanakan scramble pesawat tempur TNI AU, guna menghalau pesawat asing yang memasuki wilayah NKRI tanpa izin yang terdeteksi oleh satuan radar di jajaran Kosek Hanudnas III Medan, yang berlangsung dari tanggal 28-30 Juni 2012.

Dalam latihan Operasi Hanudnas Perkasa C 2012 ini, melibatkan pesawat tempur jenis Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, helicopter Super Puma dari Skadron Udara 8, dan Pesawat Boeing 737 dari Skadron Udara 5 Lanud HND Makassar serta di dukung sarana operasi penerbangan oleh Danlanud Soewondo Kolonel Pnb A Rasyid Jauhari.

Baca juga:  Upacara Sertijab Danlanud WIR dan HAD di Makoopsau I

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel