TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Pesawat TNI AU Angkut Bantuan Korban Gempa Ke Nepal

By 29 Apr 2015Berita
c130_hercules_indonesian_air_force_approaching

Pesawat TNI AU Boeing 737-400 A-7305 membawa misi kemanusiaan ke Nepal yang terdiri dari para medis, perawat, yang dilepas oleh Menlu, Ketua BNPB, Wakasau serta para pejabat. Rabu (29/4).

Pesawat TNI Angkatan Udara jenis Boeing 737 tail number A-7306 segera diberangkatkan ke Nepal mengangkut bantuan pemerintah Indonesia untuk masyarakat Nepal yang terkena musibah gempa bumi. Sejumlah bahan makanan, obat-obatan, tenaga medis dan tenda lapangan menjadi prioritas bantuan yang dikirimkan untuk masyarakat Nepal.

Rencananya, keberangkatan tim bantuan kemanusiaan Indonesia akan dilepas oleh beberapa pejabat dari Kementrian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan Mabes TNI, dari base ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (29/4).

Pesawat Boeing A-7306 dari Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma ini, dipiloti oleh Letkol Pnb Achmad Zaelani yang sekaligus bertindak sebagi pilot in command. Sebanyak sebelas crew pesawat dan delapan prajurit Paskhasau juga diikutkan dalam misi kemanusiaan ini.    

Selama penerbangan menuju Nepal, pesawat Boeing A-7306 melewati rute Halim Perdanakusma, Lanud Sultan Iskandar Muda Aceh, Dhaka Srilanka, dan Katmandu Nepal. Untuk home base pergerakan pesawat dan tim bantuan sosial di daerah operasi adalah Dhaka Srilanka.  Dari home base di Dhaka,  pesawat Boeing A-7306 secara bertahap akan mengangkut bantuan ke sasaran di Nepal.  

Rencana tim dan crew pesawat Boeing A-7306 akan melaksanakan misi kemanusiaan ini hingga tanggal 5 Mei 2015 mendatang.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Pesawat TNI AU Angkut Bantuan Korban Gempa Ke Nepal