Berita

Pesawat TNI AU Fasilitasi Pewarta Meliput Angkasa Yudha di Natuna

Dibaca: 16 Oleh 06 Okt 2016Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

TNI Angkatan Udara pada tahun 2016 ini menggelar suatu latihan tingkat puncak dengan nama Angkasa Yudha 2016. Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Jemy Trisonjaya latihan digelar pada Kamis (6/10) di Pulau Natuna, Kepulauan Riau dengan melibatkan puluhan pesawat tempur TNI AU seperti SU-27/30 Sukhoi, F-16, T-50i, Hawk 100/200 dan Super Tucano. Sedangkan pesawat jenis lainnya seperti pesawat angkut yang dikerahkan meliputi C-130 Hercules, CN 295, C-212 Cassa juga helikopter dan pesawat tanpa awak. Dilibatkan pula prajurit dari unsur air crew, Paskhas, Radar dan pendukung lainnya.

Pada latihan tersebut menurut rencana dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, para menteri, anggota DPR/MPR RI serta pejabat TNI/Polri yang melihat langsung profesionalisme prajurit TNI AU dalam pelaksanaan berbagai operasi udara. Mengingat pentingnya kegiatan tersebut maka TNI AU memfasilitasi keberadaan wartawan ibukota dari berbagai media massa untuk meliput langsung jalannya latihan menggunakan angkutan pesawat terbang. Pada Minggu (2/10) Kasubdispenum Dispenau Kolonel Sus Maylina Saragih mendampingi 12 wartawan dari berbagai media cetak dan elektronika untuk berangkat terlebih dahulu menuju Pulau Natuna.

Baca juga:  Lanud Halim Peringati Isra' Mi'raj 1442 H

Kemudian pada Rabu (5/10) Kapuspen TNI Mayjend TNI Tatang Sulaiman yang mendampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan staf Puspen TNI membawa pula 9 wartawan cetak, elektronika dan online. Puncaknya pada Kamis (6/10) Letkol Sus Sonaji Wibowo staf dari Dispenau juga akan membawa sekitar 20 pewarta lebih rombongan Kepala Staf Angkatan Udara untuk meliput pula Latihan Angkasa Yudha 2016.

Dalam Latihan Angkasa Yudha 2016, Lanud Halim Perdanakusuma mendapat tugas sebagai Posko Satuan Tugas Dukungan Tempur (Satgasdukpur). Satgasdukpur antara lain bertugas mengatur, mengendalikan operasional pesawat angkut dalam kegiatan latihan. Posko berada di Gedung Jalaludin Tantu dengan Komandan Satgasdukpurnya Kolonel Pnb M. Mujib, ST.,M.M., Danwing 1 Lanud Halim Perdanakusuma. Di posko Satgasdukpur tersebut mulai hari Minggu (2/10) telah dimulai video conference antara Direktur Latihan (Dirlat) Angkasa Yudha 2016 Marsda TNI Yuyu Sutisna yang ada di Lanud Ranai dengan para Komandan Satgas-satgas lainnya yang Poskonya tersebar di Makoopsau I, Lanud Halim Perdanakusuma, Lanud Supadio, Lanud Suwondo, Lanud Tanjung Pinang dan lainnya.

Baca juga:  Peringati HUT WARA ke 54 Tahun 2017

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel