Berita

PESAWAT TNI AU PAKSA MENDARAT PESAWAT ASING

Dibaca: 8 Oleh 28 Apr 2011Tidak ada komentar
PESAWAT TNI AU PAKSA MENDARAT PESAWAT ASING
#TNIAU 

Tepat pukul 09.00 WIB, Rabu (27/4) diinformasikan melalui radio Handy Talkie (HT) oleh Ruops Lanud Supadio bahwa telah terindentifikasi satu Pesawat asing dengan Registrasi Pesawat TT 0231 berbendera Polandia, melanggar kedaulatan negara Republik Indonesia. Dari Komando Atas diperintahkan untuk melaksanakan (intercept) menanggapi perintah dari Komando Atas tersebut maka diluncurkan 2 Hawk 100/200 untuk melaksanakan intercept, dan beberapa lama kemudian pesawat asing tersebut berhasil “di-force down” (dipaksa mendarat) oleh pesawat Hawk 100/ 200.  

Setelah mendarat pesawat tempur asing dengan 1 awak, lalu di giring oleh pasukan Khas TNI AU, POM AU Lanud Supadio menuju Apron Lanud Supadio dibawah todongan senjata oleh POM AU dan pengawalan ketat oleh Paskhas AU. Pilot asing tersebut digeledah oleh POM AU, selanjutnya digiring menuju ke suatu ruangan yang ada di Baseops Lanud Supadio untuk menjalankan proses intrograsi yang dilaksanakan oleh petugas Intelijen Lanud Supadio. 

Kejadian tersebut bukanlah kejadian yang sebenarnya, namun hanya skenario Latihan Alap Gesit Elang Mandau 2011 hari kedua yang dilaksanakan di Lanud Supadio.  “Latihan ini dimaksudkan untuk menguji kesiapsiagaan dan kecepatan seluruh unsur terkait dan mengevaluasi kembali apakah protap yang ada masih layak atau perlu direvisi guna meningkatkan profesionalitas Prajurit di lapangan” jelas Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Supadio Letkol Pnb Tjahya Elang Migdiawan disela-sela latihan.

Baca juga:  Lanud Adisutjipto Seleksi 850 Catam TNI AU

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel